Jumat 16 Oct 2020 09:45 WIB

Sony Pamerkan Interface PlayStation 5

Sony mengunggah video PlayStation 5 dalam video baru berdurasi 11 menit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Homescreen PS5
Foto: gsm arena
Homescreen PS5

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sony akhirnya mengungkapkan seperti apa tampilan antarmuka (UI) pengguna konsol PlayStation 5 dalam video baru berdurasi 11 menit. Video tersebut berfokus pada dua aspek UI, homescreen dan control center.

Homescreen baru akan familiar bagi siapa saja yang telah menggunakan PlayStation 4. PlayStation 5 memiliki horizontal tile system yang sama, yang dapat digulir untuk mengungkapkan informasi tambahan di bawahnya. Tile telah menyusut dan tidak memakan banyak ruang seperti PS4.

Baca Juga

Dilansir dari GSMArena, Jumat (16/10), dalam video tersebut, pengguna ketika mengarahkan tetikus ke game tile akan ditunjukkan hub gim di bawahnya. Ini memperlihatkan aktivitas gim, klip video, screenshot serta berita gim.

Semuanya tersedia untuk gim-gim yang ada PlayStation 5. Beberapa di antaranya juga akan tersedia untuk PlayStation 4 yang kompatibel dengan versi sebelumnya.

photo
Tampilan antarmuka PS5 - (gsm arena)

Ada juga tab Explore, yang menampilkan semua gim pengguna, konten gim, berita gim dan juga berita di perangkat keras PlayStation. Tab ini awalnya hanya akan tersedia di Amerika Serikat (AS) dan nantinya akan tersedia di wilayah lain.

PlayStation Store terletak paling kiri di layar beranda. PS store sekarang menjadi bagian dari sistem operasi yang akan membuat akses konten di toko lebih cepat.

photo

Tampilan antarmuka PS5 - (gsm arena)

Selanjutnya adalah control center, yang merupakan fitur baru terbesar dari perangkat lunak PlayStation 5. Fitur ini muncul dengan menekan tombol PlayStation.

Di bagian bawah layar, pengguna akan melihat opsi akses cepat untuk hal-hal seperti berpindah gim, notifikasi, daftar teman, pengaturan audio, pengaturan pengontrol dan daya.

Fitur utama dari control center adalah kartu baru. Kartu memberikan opsi spesifik konteks yang akan berubah tergantung pada permainan atau aplikasi.

Salah satu kartu utama di sini adalah Aktivitas. Aktivitas adalah fitur yang menyediakan integrasi mendalam dengan judul PlayStation 5 baru dalam konsol UI. Sistem akan membuat kartu Aktivitas ini untuk hal-hal yang dapat pengguna lakukan dalam gim tertentu, dan juga akan menampilkan kartu untuk aktivitas yang terkait dengan level saat ini.

Misalnya, dalam Sackboy A Big Adventure, pengguna mendapatkan kartu Aktivitas yang memungkinkan pengguna mengubah level ke level lain. dalam level itu, pengguna akan melihat kartu yang memungkinkan pengguna melihat tujuan yang tertunda. Dari sana, pengguna dapat melompat langsung ke level di tempat tertentu untuk menyelesaikan tujuan tersebut.

Untuk membantu pengguna lebih jauh, beberapa gim juga akan menawarkan bantuan gim, yang memberikan petunjuk dan panduan video untuk membantu menyelesaikan tujuan tanpa spoiler. Petunjuknya bisa berupa gambar atau video dan dapat diputar di samping atau di dalam jendela picture-in-picture saat bermain gim.

Fitur ini akan tersedia tergantung pada gim dan hanya untuk judul PlayStation 5. Bantuan gim juga akan tersedia hanya untuk pelanggan PlayStation Plus.

Pengguna juga akan melihat kartu untuk hal-hal seperti piala yang mungkin telah pengguna kumpulkan, berita tentang permainan yang dimainkan dan screenshot set klip video yang mungkin telah direkam. Video sekarang dapat ditangkap dengan resolusi hingga 4K dan dibagikan ke media sosial, seperti sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement