Kamis 15 Oct 2020 07:59 WIB

Jalan Terang Eddie Nketiah di Timnas Inggris U-21

Nketiah mengukuhkan diri jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa tim Inggris U-21.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
 Eddie Nketiah
Foto: EPA-EFE/Will Oliver
Eddie Nketiah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal boleh berbangga hati. Pasalnya, pemain muda the Gunners Eddie Nketiah baru saja mengukir prestasi individu di level internasional bersama timnas Inggris U-21.

Nketiah mengukuhkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Kegembiraan datang setelah Nketiah berhasil membawa the Three Lions junior menang dengan skor 2-1 versus timnas Turki U-21 pada Kualifikasi Euro U-21 di Stadion Molineux, Rabu (14/10).

Dengan kemenangan itu, Inggris membukukan tempat di penyisihan grup Euro U-21 tahun depan yang akan diselenggarakan di Hungaria dan Slovenia.

Nketiah yang kini berusia 21 tahun itu mencetak gol pada menit ke-88. Gol tersebut merupakan catatan ke-14 bagi Nketiah untuk timnas Inggris U-21, sekaligus melampaui torehan gol legenda Newcastle United, Alan Shearer, pun Francis Jeffers yang sama-sama mengais 13 gol.

Pencapaian Nketiah layak mendapat apresiasi mengingat pemilik nama lengkap Edward 'Eddie' Nketiah hanya memainkan 12 pertandingan dengan catatan 14 gol.

"Luar biasa. Untuk mengalahkan rekor dan berada di samping nama serta pemain legendaris semacam itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan, juga momen yang membanggakan bagi saya dan keluarga saya," kata Nketiah dikutip Goal, Rabu (14/10).

Selain cukup matang di depan gawang, Nketiah juga bisa diberi tanggung jawab menjadi pemain pertama yang menekan arus bola permainan lawan ketika Inggris, pun Arsenal mulai bertahan.

Pelatih timnas Inggris U-21, Aidy Boothroyd memprediksi Nketiah akan menjalani karier yang serupa seperti Alan Shearer serta Harry Kane. Ia sekaligus mendukung pemain Arsenal tersebut meneruskan jejak sang senior.

"Dia ditakdirkan untuk hal-hal besar. Dia memiliki aura tanggung jawab dan kepemimpinan," kata Boothroyd dilansir Talksport. "Eddie sangat tenang ketika berada di depan gawang dan punya teknik permainan yang baik."

Shearer adalah pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris sepanjang masa dengan torehan 260 gol. Sementara Kane merupakan mesin gol paling ganas milik Tottenham Hotspur.

Kane berada di jalur untuk memecahkan rekor gol Inggris, Wayne Rooney, dan menjadi pencetak gol terbanyak negaranya. Rooney memegang rekor dengan 53 gol dalam 113 laga, tetapi Kane telah mencetak 32 gol hanya dalam 48 penampilan.

Di sisi lain, Nketiah menghabiskan sebagian musim lalu dengan status pinjaman di Leeds United. Tetapi ia dipanggil kembali oleh pelatih Arsenal Mikel Arteta pada Januari 2020 setelah Marcelo Bielsa kurang memberinya waktu bermain di Leeds.

Musim ini Nketiah sudah tampil tujuh kali untuk skuat Meriam London dan mencetak masing-masing satu gol di Liga Primer dan Piala Liga. Terlalu dini menganggap Nketiah seperti Shearer. Namun, pengalaman akan membantu dirinya untuk terus berkembang menjadi lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement