Rabu 14 Oct 2020 22:58 WIB

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Cirebon Meningkat

Jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon mencapai 969 orang

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Warga menyambut pasien Covid-19 yang kembali ke rumahnya setelah dinyatakan sembuh. (ilustasi)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warga menyambut pasien Covid-19 yang kembali ke rumahnya setelah dinyatakan sembuh. (ilustasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon semakin bertambah. Upaya pendeteksian kasus melalui tes Polymerase Chain Reactive (PCR) di daerah tersebt juga sudah melampui satu persen dari jumlah penduduknya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, menyebutkan, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon mencapai 969 orang. Dari jumlah itu, warga yang sembuh mencapai 672 orang.

Baca Juga

‘’Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 ada di kisaran 70 persen lebih. Jumlah itu terus meningkat dari pekan ke pekan,’’ ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Cirebon itu, Rabu (14/10).

Satuan Tugas Kabupaten Cirebon juga selama ini terus melakukan pemeriksaan swab. Sampai pertengahan Oktober 2020, pemeriksaan sudah mencapai 26.783 Polymerase Chain Reactive (PCR). Itu berarti, sudah melampui satu persen dari jumlah penduduknya yang mencapai sekitar 2,2 juta jiwa.

‘’Target awal itu satu persen, yakni 22 ribu PCR. Saat ini realisasi kita sudah mencapai 26.783 PCR. Artinya sudah melampaui target,’’ tukas Nanan.

Nanan menambahkan, satuan tugas terutama dari tim medis, kini terus mengejar angka kesembuhan. Saat ini, masih ada 241 orang positif Covid-19 yang menjalani isolasi dan menjadi sasaran penyembuhan.

‘’Tim medis kami sudah menerapkan praktik terapi plasma darah konvalesen. Hasilnya, dua pasien Covid-19 yang bergejala berat telah sembuh,’’ tandas Nanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement