Kamis 15 Oct 2020 05:25 WIB

Konsumsi Makanan Ini Agar tak Lemas di Musim Hujan

Musim hujan yang minim sinar matahari buat sebagian orang alami hibernasi alami.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Musim hujan yang minim sinar matahari buat sebagian orang alami hibernasi alami (Foto: ilustrasi musim hujan)
Foto: Huffingtonpost
Musim hujan yang minim sinar matahari buat sebagian orang alami hibernasi alami (Foto: ilustrasi musim hujan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama musim penghujan, sinar matahari kerap tertutupi awan. Langit mendung seringkali membuat seseorang sulit beranjak dari tempat tidur. Meski terbiasa berolahraga di pagi hari, motivasi dan energi untuk berolahraga pun bisa menjadi hilang pada bulan-bulan ini.

Ahli Gizi dan Direktur Medis di Healthspan, Dr Sarah Brewer, mengatakan bahwa kurangnya paparan sinar matahari menyebabkan sebagian besar orang mengalami penurunan kecepatan akibat respon hibernasi alami. Gejala yang biasanya muncul dapat berupa kelelahan, kantuk, dan makan berlebihan.

Baca Juga

Itu sebabnya, agar tidak lemas, menu sarapan di musim penghujan menjadi sangat penting. Brewer mengungkap bahwa oily fish seperti salmon dan sarden mengandung omega-3 yang bermanfaat bagi otak dan pengaturan suasana hati.

“Mengikuti diet rendah glikemik dan mengurangi konsumsi makanan berat yang berlebih juga dapat mengusir lesu. Itu semua bisa mendorong kita untuk bersemangat dan tidak malas berolahraga,” kata Brewer seperti dikutip dari laman Stylist, Rabu (14/10).

Tak hanya itu, porsi makan juga perlu diperhatikan, terutama jika Anda hendak berolahraga atau aktivitas di luar ruangan. Selama musim penghujan kita mungkin membutuhkan lebih banyak kalori untuk membantu tubuh tetap hangat

“Ini juga akan tergantung pada sejauh mana latihan Anda dan apakah Anda mencoba menambah massa otot atau tidak,” kata Dr Brewer.

Asupan vitamin D juga penting untuk menopang massa otot selama dan setelah latihan. Mengingat vitamin D dari sinar matahari akan berkurang selama musim penghujan, makanan seperti ikan berminyak, hati hewan, telur, mentega, dan susu bisa menjadi suplemen vitamin D.

Untuk membantu menumbuhkan mood ketika berolahraga, kita juga perlu berkonsentrasi pada karbohidrat penambah energi yang akan membantu kita melalui sesi kita. Dr Brewer merekomendasikan konsumsi biji-bijian seperti bubur, beras merah, dan quinoa, sayuran akar termasuk wortel, parsnip dan ubi jalar, kacang-kacangan, serta buah segar atau kering.

Untuk makanan sebelum berolahraga, Dr Brewer menyarankan untuk membuat bubur dengan kacang-kacangan dan beri. Bisa juga menyantap kue beras atau beberapa buah dan kacang.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement