Rabu 14 Oct 2020 19:25 WIB

KedaiKOPI: Publik Nyaman dengan Kinerja Jokowi Tangani Covid

Survei KedaiKOPI tunjukan publik nyaman dengan kinerja Jokowi tangani Covid-19

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukan masyarakat nyaman terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani Covid-19. Dari survei juga diketahui, masyarakat masih percaya dengan kinerja Satgas Covid-19.

"Publik sendiri cenderung merasa nyaman terhadap kinerja Presiden Jokowi selama masa pandemi. Hal tersebut dapat terlihat bahwa tingkat kenyamanan atas kinerja Presiden di mata pekerja di Jakarta mendapatkan nilai 62,6 persen," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo dalam paparannya, Rabu (14/10).

Baca Juga

Walau demikian, KedaiKOPI mendapati masih ada 37,4 persen responden yang tidak nyaman terhadap penanganan Covid-19 di bawah kepemimpinan Jokowi. Pemerintah tetap diminta menguatkan sistem penanganan Covid-19.

"37,4 persen enggak nyaman terhadap Jokowi itu karena tracing, tracking masih rendah. Secara keseluruhan angka yang nyaman ini sesuatu yang sebenarnya bukan mengejutkan," ujar Kunto.

Di sisi lain, seiring dengan rasa kenyamanan terhadap kinerja Jokowi, Satgas Covid-19 menjadi lembaga yang mendapatkan kepercayaan paling tinggi dari responden dengan nilai 6,2 dari maksimal nilai 10. Berikutnya menyusul gubernur tempat tinggal responden dan BNPB/BPBD yang sama-sama memperoleh nilai 5,9. Selanjutnya adalah Pemerintah Pusat yang memiliki nilai 5,7 yang disusul dengan Wali kota/Bupati tempat tinggal yang memiliki nilai 5,6.

Kunto mengingatkan kenyamanan dan kepercayaan responden terhadap Presiden Jokowi dan jajarannya yang masih tinggi seharusnya menjadi pendorong dalam menerapkan kebijakan penanganan Covid-19.

"Karena kepercayaan dari masyarakat tersebut adalah kunci utama terciptanya sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat untuk bahu-membahu menangani pandemi," ucap Kunto.

Survei Opini Publik Penanganan Covid-19 oleh Pemerintah diselenggarakan Lembaga Survei KedaiKOPI pada 8 - 10 Oktober 2020. Metodenya menggunakan telepon (telesurvei) kepada 803 responden yang merupakan pekerja/karyawan kantor di DKI Jakarta. Pemilihan kriteria pekerja kantor dilandaskan pada alasan bahwa mereka memiliki pengetahuan yang relatif sedang sampai tinggi tentang isu nasional dan perekonomian nasional. 

Responden survei berasal dari panel survei Lembaga Survei KedaiKOPI dari Agustus 2018 – Agustus 2020 yang berjumlah 5.426 orang, dengan kriteria pekerja kantor di Jakarta dan berusia ≥ 17 tahun. Dengan demikian tingkat respon (response rate) telesurvei adalah sebesar 14,8 persen.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement