Rabu 14 Oct 2020 18:35 WIB

Waspada, Masker Kotor Bisa Bikin Wajah Iritasi

Maskne menjadi masalah kulit yang sering ditemukan belakangan ini.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Maskne (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Maskne (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa ahli kesehatan mengatakan Anda harus memperlakukan masker Anda seperti pakaian dalam. Cuci secara teratur dan pakai yang bersih setiap hari. Sebab, jika Anda lupa mencuci dan memakainya dalam kondisi kotor akan membuat masalah pada kulit Anda.

Seperti dilansir di laman Wafb, Rabu (14/10), dokter pengobatan keluarga di Baton Rouge General mengatakan Anda pasti ingin menghindari masalah pada wajah Anda. "Karena masker menahan semua kuman itu dan masker dekat dengan kulit selama berjam-jam sepanjang hari, kami melihat banyak jerawat," kata dr Rachel Kermis.

Kermis melihat maskne (jerawat akibat pemakaian masker) adalah masalah yang banyak ditemui pada pasiennya belakangan ini. Masker yang kotor bisa membuat kulit Anda teriritasi. Untuk itu, dia mengingatkan untuk membersihkan masker dan wajah Anda.

"Anda bisa mendapatkan beberapa tisu jerawat di toko obat. Cukup bersihkan dan hilangkan semua kotoran dan bakteri itu sebanyak mungkin," kata dia.

Bakteri bau mulut dan tenggorokan gatal mungkin saja terjadi saat memakai masker. Hal itu lantaran bisa jadi masker 'menghalangi' Anda minum air. "Sering kali orang mengalami dehidrasi karena tidak ada banyak akses untuk minum," ujarnya.

Kermis mengatakan ingatlah untuk menghidrasi ulang agar masker Anda tidak membuat Anda merasa tak nyaman. Tentu saja, cuci masker yang dapat digunakan kembali setiap hari. Namun, hindari menggunakan sabun yang wangi. "Itu bisa memicu alergi orang," kata dr Kermis.

Alergi dan iritasi dari masker Anda dapat dengan mudah disalahartikan sebagai gejala Covid-19. Kermis pun menegaskan, jangan berbagi masker dengan orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement