Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Blackpink Jadi Girlband Pertama Duduki Puncak Billboard 100

Rabu 14 Oct 2020 16:19 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Blackpink dalam video musik

Blackpink dalam video musik

Foto: YG/Interscope
Blackpink merupakan artis Korea ke-3 yang pernah memuncaki posisi tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Grup musik Blackpink melejit ke puncak tangga lagu Billboard 100, setelah merilis album lengkap pertama mereka.
Pada tangga lagu bertanggal hingga 17 Oktober, Blackpink naik dari peringkat 65 pekan lalu dan meraih peringkat satu.

Dilansir di Soompi, Rabu (14/10), kelompok yang terdiri dari Jisoo, Jennie, Lisa, dan Rose ini menjadi girlband pertama yang memuncaki chart yang diluncurkan pada 2004. Mereka juga merupakan artis Korea ketiga yang pernah melakukannya, mengikuti BTS dan SuperM.

Billboard 100 dideskripsikan sebagai ukuran karya dari musisi di seluruh metrik utama pendengar musik. Mulai dari penjualan album dan lagu campuran, pemutaran radio, streaming, dan interaksi penggemar media sosial untuk memberikan peringkat multi-dimensi mingguan atas popularitas musisi.

Kenaikan Blackpink adalah karena perilisan album lengkap pertama mereka THE ALBUM pada 2 Oktober. Album tersebut yang menampilkan lagu utama mereka "Lovesick Girls", juga berisi kolaborasi mereka dengan Selena Gomez berjudul "Ice Cream", dan banyak lagi.

THE ALBUM debut ini sekarang berada di Billboard 200 pekan ini dan ukuran album paling populer di Amerika Serikat. Blackpink juga memiliki dua lagu di tangga lagu Hot 100 dengan "Lovesick Girls" di peringkat 59 saat baru diluncurkan dan "Ice Cream" di peringkat 64.

Sementara itu, "Lovesick Girls" menempati peringkat dua tangga lagu Global 200 Billboard, yang didasarkan pada data penjualan dan streaming dari lebih dari 200 wilayah di seluruh dunia. Lagu ini juga memulai debutnya di peringkat satu di Global Excl, tangga lagu AS yang memberi peringkat lagu menurut data dari wilayah selain Amerika Serikat.

Di chart abum dunia, THE ALBUM pada single "Lovesick Girls" juga masuk ke chart penjualan lagu digital dunia di posisi teratas, sementara b-side mereka "Pretty Savage" dan "You Never Know" meraih masing-masing peringkat dua dan peringkat empat.

"Lovesick Girls" juga masuk di peringkat sembilan chart penjualan lagu digital dan peringkat 46 di chart lagu streaming. Lagu ini juga berada di peringkat 29 Hot Billboard 100 Kanada, sementara THE ALBUM berada di peringkat lima chart album Billboard Kanada.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA