Rabu 14 Oct 2020 15:59 WIB

Southgate Bantah Kane Alami Cedera

Dalam dua pekan terakhir, Inggris memang dijadwalkan melakoni tiga laga internasional

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Gareth Southgate
Foto: EPA-EFE/VALDRIN XHEMAJ
Gareth Southgate

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mengungkapkan, Harry Kane tidak pernah mengalami cedera selama bergabung bersama timnas Inggris pada jeda internasional kali ini.

Pelatih asal Inggris itu membantah kabar soal cedera yang tengah dialami penyerang Tottenham Hotspur tersebut.

Sorotan terhadap kondisi kapten timnas Inggris itu mencuat usai pelatih Spurs, Jose Mourinho, mengungkapkan kekhawatiran terkait menurunnya kondisi kebugaran Kane apabila diturunkan secara reguler di timnas Inggris pada jeda internasional kali ini.

Dalam dua pekan terakhir, Inggris memang dijadwalkan melakoni tiga laga internasional, termasuk dua partai di lanjutan babak penyisihan Grup A2 UEFA Nations League.

Setelah membungkam Wales, 3-0, di laga persahabatan, tengah pekan lalu, The Three Lions memetik kemenangan atas Belgia, 2-1, akhir pekan lalu.

Terakhir, Inggris akan menghadapi Denmark di pentas UEFA Nations League, Rabu (14/10) waktu setempat. Dari dua laga yang telah dilakoni Inggris, Kane hanya tampil di laga kontra Belgia.

Namun, saat itu Kane hanya tampil selama 24 menit dan masuk sebagai pemain pengganti. Kendati begitu, Southgate menegaskan, Kane tidak mengalami cedera, hanya mengalami nyeri otot akibat kelelahan.

Kondisi ini, kata Southgate, merupakan merupakan hal yang wajar dialami pesepakbola setelah melakoni jadwal pertandingan yang padat di level klub.

''Dia fit dan bisa diturunkan di laga berikutnya. Saya tidak paham dengan kabar yang menyebut dia tengah cedera. Dia tidak pernah mengalami cedera. Dia hanya mengalami nyeri otot.”

“Hal ini wajar dialami seorang atlet. Isunya adalah apakah dia bisa tampil di level tertinggi. Kini, dia sudah memiliki waktu lebih banyak untuk berlatih. Jadi, cedera itu bukan isu sama sekali,'' kata Southagate seperti dilansir Metro, Rabu (14/10).

Mantan pelatih Middlesbrough itu mengaku terus melakukan komunikasi dengan manajemen Spurs terkait perkembangan kondisi kebugaran Kane.

Striker berusia 27 tahun itu, tutur Southgate, sempat merasa tidak nyaman dengan kondisi fisiknya saat pertama kali bergabung bersama timnas pada jeda internasional kali ini.

''Akhirnya, kami melakukan serangkain pemeriksaan, hanya untuk memastikan kondisinya. Hasilnya, dia hanya mengalami kelelahan otot, bukan cedera. Jadi, ini hanya soal menumbuhkan kepercayaan dirinya lagi.”

“Di laga kontra Belgia, dia sudah bisa meningkatkan kepercayaan diri. Saya harap, kepercayaan diri itu terus tumbuh dan dia bisa diturunkan di laga kontra Denmark,'' kata Southgate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement