Rabu 14 Oct 2020 15:24 WIB

Saat Klopp Bantu Fans Cilik Liverpool Atasi Kecemasan

Klopp membalas surat yang dikirimkan ibu Lewis

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Juergen Klopp
Foto: EPA-EFE/Paul Ellis
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Sebuah surat diterima Lewis Balfe. Surat yang diterima anak berusia 11 tahun itu pun terasa begitu istimewa.

Pasalnya, surat itu merupakan surat langsung dari pelatih Liverpool, Juergen Klopp.  Pelatih asal Jerman itu membalas surat yang dikirimkan ibu Lewis, Milena Balfe, kepada dirinya pada Agustus silam.

Pada saat itu, Milena meminta bantuan mantan pelatih Borussia Dortmund itu mengatasi masalah kecemasan yang dialami putranya.

Lewis, yang merupakan penggemar berat Liverpool, mengalami kecemasan lantaran harus masuk ke lingkungan baru dan tengah bersiap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu pendidikan menengah, pada September silam.

Dalam suratnya kepada Balfe, Klopp membuka rahasia tentang dirinya. Pelatih berusia 50 tahun itu juga pernah merasa cemas, khawatir, dan nervous.

''Mungkin aneh buat anak-anak sepertimu, pelatih Liverpool juga mengalami kecemasan yang sama, tapi itu benar-benar terjadi pada saya. Saya benar-benar nervous.

“Namun, sejujurnya, saya malah lebih khawatir apabila tidak merasakan kecemasan. Kecemasan itu justru bisa diubah ke energi yang lebih positif,'' tulis Klopp dalam seperti dilansir Talksports, Selasa (13/10).

Pelatih yang mengakhiri puasa gelar Liverpool selama 30 tahun di pentas tertinggi sepak bola Inggris itu pun menyebut, sebagai anak yang penuh perhatian, maka tidak mengherankan apabila Balfe merasa khawatir terhadap sesuatu yang baru.

Klopp juga menyinggung soal kegagalannya meraih kemenangan di sejumlah laga final turnamen.

''Kamu tidak perlu khawatir tentang hal buruk yang akan terjadi. Kamu tentu tahu, kegagalan saya di beberapa laga final.”

“Tentu saja itu bukanlah perasaan yang menyenangkan. Namun, dengan bantuan teman dan keluarga, saya bisa melewatinya. Kini, kami menikmati momen-momen yang begitu membahagiakan,'' lanjut Klopp.

Mantan pelatih Mainz itu kemudian membeberkan caranya yang ditempuhnya saat sejumlah anak-anak asuhnya mengalami kecemasan, sama seperti yang dirasakan Balfe pada saat ini.

''Saya mengingatkan betapa pentingnya mereka buat saya dan seberapa besar kepercayaan saya pada mereka. Saya yakin, keluargamu juga mengikuti langkah yang persis sama untuk mengatasi apa yang kamu rasakan,'' tulis Klopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement