Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

7 Makanan yang Bantu Redakan Nyeri Haid

Rabu 14 Oct 2020 09:33 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Minum cukup air, berolahraga, dan tidur teratur bisa dilakukan para perempuan untuk membantu mengurangi nyeri haid (Foto: ilustrasi nyeri haid)

Minum cukup air, berolahraga, dan tidur teratur bisa dilakukan para perempuan untuk membantu mengurangi nyeri haid (Foto: ilustrasi nyeri haid)

Foto: ist
Selain makanan, nyeri haid bisa dikurangi dengan minum air yang cukup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum cukup air, berolahraga, dan tidur teratur bisa dilakukan para perempuan untuk membantu mengurangi nyeri haid. Cara lain, kaum hawa juga dapat mengatur makanan yang dikonsumsi untuk mempertimbangkan nutrisinya.

Pakar diet Elizabeth Shaw sekaligus penulis buku Instant Pot Cookbook For Dummies mengatakan, pola makan sebelum dan selama menstruasi bisa berdampak besar terhadap kondisi tubuh. Berikut rekomendasi makanan dari Shaw yang bisa menjadi tiket menuju masa haid bebas hambatan, dikutip dari laman Popsugar, Rabu (14/10).

Daging
Tubuh kehilangan banyak darah saat menstruasi, sehingga butuh banyak tambahan zat besi dari makanan guna menggantikannya. Konsumsi daging sangat disarankan untuk asupan ini, serta sumber lain seperti unggas, hidangan laut, sayuran hijau, dan brokoli.

Baca Juga

Susu
Magnesium adalah mineral penting yang berperan dalam fungsi otot dan saraf dalam tubuh, bersama dengan fungsi pengaturan kadar gula dalam darah. Itu sebabnya perempuan yang sedang haid perlu asupan tinggi magnesium, yang bisa didapatkan dari produk susu.

Salmon
Perubahan suasana hati yang drastis kerap terjadi saat perempuan mengalami datang bulan. Menyantap makanan yang mengandung omega-3 bisa memperbaiki situasi itu. Pakar menyarankan makan hidangan laut seperti salmon, sedikitnya dua kali dalam sepekan masa haid.

Oat
Oat merupakan sumber alami vitamin B6, yang cukup krusial dikonsumsi menjelang dan selama menstruasi. Vitamin B6 bisa membantu mencegah sejumlah gejala negatif yang terkait dengan sindrom pramenstruasi, seperti kram, nyeri tubuh, lelah, dan murung.

Telur
Selain memastikan asupan zat besi terkendali, fokus pada asupan vitamin B12 saat haid sangat penting, karena dapat membantu mengatasi kelelahan dan memberikan pasikan energi untuk tubuh. Makanan kaya vitamin B12 yang dianjurkan termasuk telur, ragi nutrisi, atau kalkun.

Kacang lentil
Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebelum dan selama menstruasi akan membantu mengurangi timbulnya rasa nyeri. Pilih roti gandum dan buah untuk memastikan asupan dicerna dengan baik, serta kacang lentil yang cocok dijadikan camilan.

Buah pir
Konstipasi merupakan hal yang lazim dialami perempuan saat datang bulan. Atasi sembelit di masa haid dengan konsumsi buah pir yang mengandung serat alami. Makanlah sekaligus dengan kulitnya untuk hasil optimal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA