Rabu 14 Oct 2020 09:33 WIB

7 Makanan yang Bantu Redakan Nyeri Haid

Selain makanan, nyeri haid bisa dikurangi dengan minum air yang cukup.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Minum cukup air, berolahraga, dan tidur teratur bisa dilakukan para perempuan untuk membantu mengurangi nyeri haid (Foto: ilustrasi nyeri haid)
Foto: ist
Minum cukup air, berolahraga, dan tidur teratur bisa dilakukan para perempuan untuk membantu mengurangi nyeri haid (Foto: ilustrasi nyeri haid)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum cukup air, berolahraga, dan tidur teratur bisa dilakukan para perempuan untuk membantu mengurangi nyeri haid. Cara lain, kaum hawa juga dapat mengatur makanan yang dikonsumsi untuk mempertimbangkan nutrisinya.

Pakar diet Elizabeth Shaw sekaligus penulis buku Instant Pot Cookbook For Dummies mengatakan, pola makan sebelum dan selama menstruasi bisa berdampak besar terhadap kondisi tubuh. Berikut rekomendasi makanan dari Shaw yang bisa menjadi tiket menuju masa haid bebas hambatan, dikutip dari laman Popsugar, Rabu (14/10).

Baca Juga

Daging

Tubuh kehilangan banyak darah saat menstruasi, sehingga butuh banyak tambahan zat besi dari makanan guna menggantikannya. Konsumsi daging sangat disarankan untuk asupan ini, serta sumber lain seperti unggas, hidangan laut, sayuran hijau, dan brokoli.

Susu

Magnesium adalah mineral penting yang berperan dalam fungsi otot dan saraf dalam tubuh, bersama dengan fungsi pengaturan kadar gula dalam darah. Itu sebabnya perempuan yang sedang haid perlu asupan tinggi magnesium, yang bisa didapatkan dari produk susu.

Salmon

Perubahan suasana hati yang drastis kerap terjadi saat perempuan mengalami datang bulan. Menyantap makanan yang mengandung omega-3 bisa memperbaiki situasi itu. Pakar menyarankan makan hidangan laut seperti salmon, sedikitnya dua kali dalam sepekan masa haid.

Oat

Oat merupakan sumber alami vitamin B6, yang cukup krusial dikonsumsi menjelang dan selama menstruasi. Vitamin B6 bisa membantu mencegah sejumlah gejala negatif yang terkait dengan sindrom pramenstruasi, seperti kram, nyeri tubuh, lelah, dan murung.

Telur

Selain memastikan asupan zat besi terkendali, fokus pada asupan vitamin B12 saat haid sangat penting, karena dapat membantu mengatasi kelelahan dan memberikan pasikan energi untuk tubuh. Makanan kaya vitamin B12 yang dianjurkan termasuk telur, ragi nutrisi, atau kalkun.

Kacang lentil

Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebelum dan selama menstruasi akan membantu mengurangi timbulnya rasa nyeri. Pilih roti gandum dan buah untuk memastikan asupan dicerna dengan baik, serta kacang lentil yang cocok dijadikan camilan.

Buah pir

Konstipasi merupakan hal yang lazim dialami perempuan saat datang bulan. Atasi sembelit di masa haid dengan konsumsi buah pir yang mengandung serat alami. Makanlah sekaligus dengan kulitnya untuk hasil optimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement