Rabu 14 Oct 2020 04:49 WIB

Drama Enam Gol, Swiss Tahan Imbang Jerman

Hasil imbang membuat Jerman menduduki peringkat kedua klasemen A4 dengan enam poin.

Kiper Swiss Yann Sommer kebobolan gol penyeimbang Jerman 3-3 yang dicetak oleh Serge Gnabry dalam pertandingan UEFA Nations League.
Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Kiper Swiss Yann Sommer kebobolan gol penyeimbang Jerman 3-3 yang dicetak oleh Serge Gnabry dalam pertandingan UEFA Nations League.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Drama enam gol tersaji saat Swiss menahan imbang Jerman 3-3 pada pertandingan Grup A4 UEFA Nations League 2020/2021 yang dimainkan di Stadion RheinEnergie, Cologne, Rabu (14/10) dini hari WIB. Hasil itu menempatkan Jerman menduduki peringkat kedua klasemen A4 dengan enam poin, sedangkan Swiss berada pada posisi terakhir dengan dua poin.

Swiss unggul terlebih dahulu melalui gol Mario Gavranovic pada menit kelima dan Remo Freulermenit ke-26. Jerman lantas memperkecil ketertinggalan melalui gol Timo Wernerpada menit ke-28.

Baca Juga

Pada babak kedua, ganti Jerman yang mencetak gol untuk menyamakan kedudukan lewat Kai Havertzpada menit ke-55. Swiss mampu kembali unggul melalui gol kedua Gavranovic pada menit ke-57, namun tuan rumah mampu menyelamatkan satu poin berkat gol Serge Gnabrypada menit ke-60.

Jerman menekan sejak awal. Peluang bagus pertama didapat dari tembakan Leon Goretzka yang melambung ke atas gawang Yann Sommer.

Namun Swiss segera balas mengancam. Diawali tembakan Xherdan Shaqiri yang ditahan kaki kiper Manuel Neuersehingga menghasilkan tendangan sudut. Dari situasi tendangan sudut, bola yang disapu Antonio Ruediger disundul oleh Remo Freuler kembali ke kotak 16. Bola kemudian disambut sundulan Gavranovic untuk memecah kebuntuan.

Jerman hampir kemasukan bola untuk kedua kalinya saat Neuer melakukan kesalahan saat membuang bola. Beruntung bagi Die Mannschaft, Gavranovic gagal memaksimalkan peluang.

Tuan rumah mencoba mengancam. Kali ini umpan Toni Kroos hanya dapat diteruskan sepakan lemah Werner ke arah kiper Sommer.

Gawang Jerman kemudian benar-benar kemasukan untuk kedua kalinya. Dari situasi serangan balik, Haris Seferovic mengirim bola yang diteruskan sepakan cungkil Freuler melewati Neuer. Ruediger berusaha menyundul bola sebelum melewati garis gawang, namun usahanya sia-sia.

Tidak lama berselang, Jerman memperkecil ketertinggalan. Diawali operan Kai Havertz, Werner menerima bol untuk menggiring masuk kotak penalti sebelum melepaskan sepakan terukur yang melesak ke sisi kiri gawang Swiss.

Dua peluang bagus untuk menyamakan kedudukan didapat Jerman sepanjang sisa babak pertama. Sepakan mengejutkan Gosens dapat ditepis Sommer, kemudian Kroos yang melepaskan tembakan jarak jauh harus melihat bola masih melebar.

Jerman memulai babak kedua dengan meningkatkan intensitas serangan dan tekanan. Hasilnya mereka petik saat Havertz memanfaatkan kesalahan operan pemain Swiss dan mencetak gol penyama kedudukan.

Skor imbang hanya bertahan dua menit. Swiss kembali memimpin saat terjadi kemelut di depan mulut gawang Jerman, dua kali Seferovic melepaskan tembakan yang masih dapat digagalkan Neuer dan bek Jerman. Namun Gavranovic akhirnya melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang menghujam deras ke gawang tuan rumah.

Tetapi tidak lama berselang Jerman kembali menyamakan kedudukan. Operan Werner diteruskan Gnabry dengan sepakan tumit yang gagal dihalau kiper Sommer untuk membuat kedudukan menjadi imbang 3-3.

Setelah itu Jerman lebih mendominasi permainan. Dua peluang didapat dari tembakan Gnabry yang lurus ke arah Sommer, serta tembakan pemain pengganti Julian Draxler yang menyamping. Jerman juga mendapat beberapa peluang dari tendangan bebas Toni Kroos yang belum tepat sasaran.

Menjelang laga usai, bek Swiss Fabian Schaer harus diusir keluar lapangan karena telah menerima dua kartu kuning. Namun keunggulan jumlah pemain selama sesaat masih belum mampu membuat Jerman mampu menyarangkan gol penentu kemenangan.

Susunan pemain kedua tim:

Jerman (4-3-3): Manuel Neuer, Robin Gosens (Marcel Halstenberg 57'), Antonio Ruediger, Matthias Ginter (Emre Can 77'), Lukas Klostermann, Toni Kroos, Leon Goretzka, Joshua Kimmich, Serge Gnabry, Kai Havertz (Julian Draxler 77'), Timo Werner

Pelatih: Joachim Loew

Swiss (4-4-2): Yann Sommer, Silvan Widmer, Nico Elvedi, Fabian Schaer, Ricardo Rodriguez, Steven Zuber (Djibril Sow 66'), Remo Freuler (Loris Benito 85'), Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri (Edmilson Fernandes 66'), Mario Gavranovic (Admir Mehmedi 75'), Haris Seferovic (Cedric Itten 85')

Pelatih: Vladimir Petkovic

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement