Rabu 14 Oct 2020 03:30 WIB

Kurangi Risiko Covid-19, Satgas Ajak Penggiat PRB Bersinergi

Satgas ajak PRB bersinergi tingkatkan protokol kesehatan di tiap daerah

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengajak seluruh penggiat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) agar dapat bersinergi bersama-sama mengurangi tingkat risiko Covid-19 di setiap daerah.
Foto: BNPB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengajak seluruh penggiat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) agar dapat bersinergi bersama-sama mengurangi tingkat risiko Covid-19 di setiap daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengajak penggiat pengurangan risiko bencana (PRB) untuk ikut bersinergi mengurangi risiko penularan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19). Caranya dengan bersinergi bersama-sama mengurangi tingkat risiko di setiap daerah.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengajak seluruh penggiat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) agar dapat bersinergi bersama-sama mengurangi tingkat risiko Covid-19 di setiap daerah. Menurut Doni, risiko ancaman Covid-19 dapat meningkat apabila pemegang peranan penting di daerah lalai dan abai.

Baca Juga

"Banyaknya daerah dengan risiko sedang jangan sampai membuat kita lalai sehingga daerah tersebut menjadi risiko tinggi. Upaya yang harus kita lakukan untuk membuat daerah dengan risiko tinggi dan sedang menjadi rendah sedangkan daerah yang tidak ada Covid-19 tetap terjaga,” katanya saat berbicara di Peringatan Bulan PRB 2020, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (13/10).

Oleh sebab itu, dia melanjutkan, untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus dan meningkatnya risiko di tiap-tiap daerah, maka diperlukan upaya-upaya pencegahan dengan tiga hal, yakni iman, aman dan imun. Ia menambahkan, tiga hal tersebut harus dilakukan dan dalam hal ini masyarakat harus menjadi ujung tombak dalam rangka pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, sedangkan tim medis adalah garda terakhir. Sementara pencegahan dengan tiga hal utama menghindari Covid 19 yakni Iman, Aman, dan Imun. 

"Iman dengan menjalankan ibadah sesuai agama; Aman dengan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan; dan Imun dengan olahraga teratur, istirahat cukup, tidak panik, dan makanan bergizi,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement