Selasa 13 Oct 2020 21:18 WIB

Uji Mobil Renault di Katalunya, Alonso Siap Membalap

Fernando Alonso akan menggantikan Daniel Ricciardo di Renault tahun depan.

Fernando Alonso
Foto: EPA-EFE/TANNEN MAURY
Fernando Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia dua kali Fernando Alonso siap untuk awal baru setelah dia menguji mobil Formula 1(F1)  Renault di Sirkuit Katalunya, Barcelona pada Selasa (13/10). Pembalap asal Spanyol itu, yang juga juara Le Mans 24 Hours dua kali, belum lagi berlaga di GP F1 sejak meninggalkan McLaren pada akhir 2018. Ia akan kembali membalap tahun depan sebagai pengganti Daniel Ricciardo di Renault.

"Ini akan seperti awal baru, mengejutkan menyaksikan kecepatan mobil ini, performa pengeremannya, kecepatannya di tikungan, banyak hal yang akan mengejutkan saya sekali lagi," kata pembalap berusia 39 tahun itu pada sesi pengambilan gambar terbatas dengan mobil RS20 hari itu.

Baca Juga

Sudah 20 tahun lamanya sejak Alonso pertama kali menguji mobil ketika itu bersama Benetton, tim yang kemudian menjelma menjadi Renault, di sirkuit yang sama.

Kesempatan itu juga akan menjadi terakhir kalinya ia mencicipi mobil F1 Renault, karena tim pabrikan Prancis itu akan mengusung brand mobil sport Alpine untuk berkompetisi pada musim 2021.

Alonso mengatakan persiapannya untuk kembali ke F1 juga sedikit terganjal oleh pembatasan terkait pandemi Covid-19, dengan jumlah hari pengujian di simulator yang berkurang.

"Saya tahu jika saya akan belajar dan akan menemukan banyak hal ketika melaju di putaran," kata Alonso seperti dikutip Reuters.

Bos tim Renault Cyril Abiteboul mengatakan setelah Grand Prix Eifel di Sirkuit Nuerburgring, Jerman, di mana Ricciardo finis ketiga untuk mempersembahkan podium pertama bagi Renault sejak kembali menjadi konstruktor pada 2016, bahwa Alonso sudah tidak sabar untuk kembali.

"Kami menerima pesan sebelum, saat dan setelah lomba," kata Abiteboul.

"Saya rasa Fernando seperti hiu yang besar. Segera setelah dia mulai mencium darah dia ingin menyerang. Itu yang saya lihat, saya melihat hiu yang sangat lapar."

Alonso, yang meraih kedua gelar juara dunianya bersama Renault pada 2005 dan 2006, juga menyelesaikan debut reli Dakar dan berlaga di Indianapolis 500 saat jeda dari F1.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement