Rabu 14 Oct 2020 04:23 WIB

Sistem Bintang Langka Ditemukan Dekat Galaksi Bima Sakti

Sistem dikenal sebagai sistem bintang Wolf-Rayet.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
  Hasil simulasi komputer tentang pembentukan galaksi-galaksi kerdil di sekitar Bima Sakti.
Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem Bintang langka telah ditemukan di dekat galaksi Bima Sakti. Meski demikian, para peneliti mengatakan ini nantinya berakhir dengan ledakan besar.

Sistem bintang yang dikatakan terlihat seperti kincir kosmik terletak 8.000 tahun cahaya dari Bumi. Namun, para astronom tidak pernah menyangka akan menemukan sistem bintang seperti ini di galaksi kita.

Sistem dikenal sebagai sistem bintang Wolf-Rayet. Hanya beberapa bintang masif yang berevolusi menjadi Wolf-Rayet saat mendekati akhir hidup mereka. Tahap ini berlangsung beberapa ratus ribu tahun, tetapi dalam masa hidup sebuah bintang.

Hanya satu dari seratus juta bintang yang cukup masif untuk menjadi Wolf-Rayet. Pasangan biner dua bintang seperti ini, bahkan lebih langka, yang pertama kali ditemukan oleh para astronom ketika mereka menemukan sistem tersebut pada 2018.

Di dalam sistem ini terdapat dua bintang masif yang mengorbit satu sama lain, serta satu bintang pendamping yang terikat oleh gravitasi. Bintang pendamping mungkin juga merupakan bintang Wolf-Rayet yang mengeluarkan gas, membantu menciptakan bentuk awan debu yang rumit.

Kedua bintang itu masing-masing sekitar 10 sampai 15 kali lebih masif dari matahari kita. Keduanya lebih dari 100.000 kali lebih bercahaya. Dibandingkan dengan suhu permukaan matahari, yang sekitar 9.941 derajat Fahrenheit, bintang-bintang ini mencapai panas terik sebesar 45.032 derajat Fahrenheit atau lebih.

Para peneliti menamai sistem sebagai Apep. Sistem bintang pertama kali dirinci dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada November 2018 di jurnal Nature.

Saat ini para astronom telah mempelajari lebih banyak mengenai sistem bintang yang langka tersebut. Termasuk dalam hal bintang-bintang masif saling mengorbit setiap 125 tahun Bumi dan pada jarak yang sebanding dengan ukuran tata surya.

Kedua bintang melepaskan debu karbon dalam jumlah besar, yang berputar-putar dalam jeritan angin bintang yang diciptakan oleh bintang-bintang. Bintang-bintang mengorbit satu sama lain, menyebabkan debu tampak seperti ekor yang kehitaman dan bercahaya.

Bulu spiral tersebut adalah salah satu dari sedikit yang pernah ditemukan. Mereka mengira nama Apep cocok karena bulu-bulu debu itu tampak seperti ular yang sedang bertarung melawan bintang pusat.

Bintang-bintang yang sangat terang dan panas ini indah tapi pasti akan hancur. Langkah selanjutnya biasanya ledakan supernova yang mengakibatkan bintang menjadi lubang hitam.

"Selain gambar yang menakjubkan, hal yang paling luar biasa tentang sistem bintang ini adalah cara perluasan spiral debunya yang indah membuat kami benar-benar bingung," kata Yinuo Han, penulis utama studi, dalam sebuah pernyataan, dilansir NTD, Selama (13/10).

Han adalah mahasiswa di School of Physics di University of Sydney di Australia. Debu tampaknya memiliki pikirannya sendiri, melayang jauh lebih lambat daripada angin ekstrem yang seharusnya mendorongnya.

Para peneliti dapat menggunakan kemampuan pencitraan resolusi tinggi di Very Large Telescope European Southern Observatory di Chili untuk mempelajari sistem dan menganalisis proses yang menciptakan spiral.

"Perbesaran yang dibutuhkan untuk menghasilkan citra itu seperti melihat kacang arab di atas meja sejauh 50 kilometer (31 mil)," jelas Han.

Rotasi cepat bintang-bintang kemungkinan besar bertanggung jawab atas hal ini, mengirimkan angin bintang ke arah yang berbeda dan dengan kecepatan yang berbeda-beda. Ekspansi debu yang diukur oleh para peneliti didorong oleh angin yang lebih lambat yang diluncurkan di dekat ekuator bintang.

Ini menunjukkan, para peneliti percaya, bahwa Apep sebenarnya dapat membuat ledakan sinar gamma saat meledak.

“Mereka adalah bom waktu. Selain menunjukkan semua perilaku ekstrem Wolf-Rayets yang biasa, bintang utama Apep tampaknya juga berputar dengan cepat. Ini berarti ia bisa memiliki semua bahan untuk meledakkan ledakan sinar gamma yang panjang saat ia menjadi supernova,” jelas Peter Tuthill dalam sebuah pernyataan, rekan penulis studi dan profesor di University of Sydney.

Ledakan sinar gamma adalah beberapa peristiwa paling energik yang terjadi di alam semesta. Beruntung, yang satu ini tidak akan berdampak pada Bumi berkat sumbu rotasi sistem bintang, tetapi jika terjadi, ledakan tersebut dapat mengikis lapisan ozon Bumi dan memaparkan planet kita ke semua radiasi ultraviolet yang mengalir dari matahari.

"Ada kesibukan penelitian sistem bintang Wolf-Rayet: ini benar-benar burung merak dari dunia bintang. Penemuan tentang benda-benda yang sangat indah dan indah ini, tetapi berpotensi berbahaya, benar-benar membuat gebrakan dalam astronomi,”  jelas Joe Callingham dalam sebuah pernyataan, rekan penulis studi dan mahasiswa pascadoktoral di Universitas Leiden di Belanda.