Selasa 13 Oct 2020 18:58 WIB

Pengabdian Masyarakat, UBSI Beri Pelatihan Google Classroom

Pelatihan itu diikuti pengurus dan anggota PKK Kebon Bawang, Jakarta Utara.

Pelatihan itu diikuti pengurus dan anggota PKK Kebon Bawang, Jakarta Utara.
Foto: Dok UBSI
Pelatihan itu diikuti pengurus dan anggota PKK Kebon Bawang, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu kewajiban bagi tenaga pengajar di lingkungan perguruan tinggi. Seperti dilakukan dosen-dosen Program Studi (Prodi) Teknologi Informasi dari Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang menggelar kegiatan tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat  tersebut diadakan dalam bentuk pelatihan/workshop, pada Jumat (9/10).  Tema yang diusung adalah ‘Optimalisasi Google classroom untuk peningkatan kualitas dan efektifitas media pembelajaran secara daring’. Kegiatan itu diikuti pengurus dan anggota PKK Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priuk, Jakarta Utara. 

Yopi Handrianto  MKom selaku ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat mengatakan, materi yang disampaikan sangat penting,. Hal itu mengingat di masa pandemi seperti ini hampir semua orang membutuhkan media pembelajaran untuk melangsungkan kegiatan belajar-mengajar yang kondusif.

”Sekarang Google Classroom menjadi salah satu platform yang paling dibutuhkan sebagai media komunikasi dan belajar” ujarnya pada  Senin (12/10).

Sementara itu Rahayu Ningsih MKom selaku tutor menyampaikan  bahwa  Google Clasroom mempunyai banyak fitur yang mudah, efisien dan terjamina keamananannya. Interaksi antara guru dan siswa dapat terjalin dengan baik. 

“Selain itu, secara konsep, fasilitas dan konten yang ada didalamnya maupun menciptakan media pembelajaran secara online sebagai salah satu alternatif solusi untuk mendukung program kerja yang berjalan” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Wita, salah satu peserta sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh dosen UBSI. Menurutnya, materi yang disampaikan sangat meudah dipahami dan dipraktikkan secara langsung. 

“Sekolah saya menjadi salah satu yang menerapkan Google Classroom sebagai media belajar-mengajar.  Pelatihan ini sangat membantu saya memahami penggunaan Google Classroom,” ujar Wita yang juga seorang guru.

Yopi berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini menjadi langkah nyata dosen UBSI dalam berkontribusi di masyarakat dan menjadi suatu solusi dan nilai manfaat bagi seluruh Pengurus PKK Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok,  Jakarta Utara dalam menunjang beberapa kegiatan yang harus dilakukan secara daring, khususnya bagi kelompok kerja (Pokja) terhadap masyarakat.

“Ini menjadi salah satu bukti nyata bagi dosen UBSI dalam ikut berkontribusi di masyarakat. Saya harap ke depan kegiatan ini selalu mendapat apresiasi dan antusiasme masyarakat,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement