Selasa 13 Oct 2020 14:40 WIB

Armenia Langgar Gencatan Azerbaijan Lancarkan Balasan

Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pasukannya berhasil memukul mundur upaya Armenia untuk merebut kembali pos militer - Anadolu Agency

Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pasukannya berhasil memukul mundur upaya Armenia untuk merebut kembali pos militer - Anadolu Agency
Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pasukannya berhasil memukul mundur upaya Armenia untuk merebut kembali pos militer - Anadolu Agency

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU - Tentara Azerbaijan menggagalkan serangan Armenia yang melanggar gencatan senjata dan bertujuan untuk merebut kembali pos militernya yang sebelumnya, kata Kementerian Pertahanan Azerbaijan pada Senin.

Kelompok kecil pasukan Armenia melakukan serangan mereka ke arah Agdere, Agdam, Fuzuli, dan Cebrail, menurut pernyataan otoritas Azerbaijan. Azerbaijan mengalahkan banyak tentara Armenia, dan menghancurkan tank tempur T-72 dan tiga rudal Grad.

Baca Juga

Unit artileri Armenia mundur dan beberapa tentaranya melarikan diri setelah hantaman terhadap beberapa kendaraan militer, kata kementerian Azerbaijan itu. Armenia menembaki provinsi Agdam, Terter, dan Goranboy di Azerbaijan yang dihuni oleh warga sipil, kata kementerian itu dalam pernyataan terpisah.

Kemhan Azerbaijan juga mencatat bahwa total tiga drone Armenia dijatuhkan oleh pasukan Azerbaijan, dua ke arah wilayah Tovuz dekat perbatasan sebelumnya dan satu lagi di sekitar wilayah Agdam pada Senin pagi.

Mereka menambahkan bahwa Armenia menyebarkan informasi palsu dengan mengatakan Azerbaijan sedang mempersiapkan pembangunan militer untuk menguasai Hadrut di mana bentrokan hebat terjadi, dan wilayah ini telah dibebaskan oleh pasukan Azerbaijan.

Tentara Azerbaijan mematuhi gencatan senjata dan secara aktif tidak mengadakan kegiatan perang apa pun, tegas pernyataan itu.

Setelah pertemuan di Moskow pada 10 Oktober, Azerbaijan dan Armenia menyetujui gencatan senjata kemanusiaan sehingga kedua pihak yang bertikai dapat mengambil mayat yang tersisa di medan perang di Nagorno-Karabakh dan mengadakan pertukaran tahanan.

Bentrokan dimulai pada 27 September, ketika pasukan Armenia menargetkan permukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer di wilayah tersebut, yang menyebabkan korban jiwa.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki wilayah Nagorno Karabakh. Sekitar 20 persen wilayah Azerbaijan tetap berada di bawah pendudukan ilegal Armenia selama sekitar tiga dekade.

Empat Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB, serta banyak organisasi internasional, menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia dari wilayah Azerbaijan.

OSCE Minsk Group - diketuai bersama oleh Prancis, Rusia, dan AS - dibentuk pada tahun 1992 untuk menemukan solusi damai untuk konflik tersebut, tetapi tidak berhasil. Gencatan senjata pun disetujui pada tahun 1994.

Banyak kekuatan dunia, termasuk Rusia, Prancis, dan AS, mendesak gencatan senjata baru. Turki, sementara itu, mendukung hak Azerbaijan untuk membela diri dan menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/armenia-langgar-gencatan-senjata-azerbaijan-lancarkan-serangan-balasan/2004276
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement