Selasa 13 Oct 2020 12:11 WIB

Liga Primer Inggris Menuju 18 Klub, Bagaimana Teknisnya?

Ini bagian dari program 'Big Picture'.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Manchester United Aaron Wan-Bissaka (kanan)  berebut bola dengan pemain West Ham Pablo Fornals  pada pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Manchester United dan West Ham di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Rabu (22/7/2020).
Foto: Clive Brunskill / Pool via AP
Pemain Manchester United Aaron Wan-Bissaka (kanan) berebut bola dengan pemain West Ham Pablo Fornals pada pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Manchester United dan West Ham di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Rabu (22/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Primer Inggris berencana memangkas jumlah  peserta menjadi 18 dari 20 klub. Teknis degradasi dan promosi pun menjadi perdebatan. Dikutip dari Sky Sports, Selasa (13/10), begini teknis bagian dari proyek 'Big Picture' tersebut:

1. Jika benar-benar terjadi, maka dua klub terbawah Liga Primer Inggris otomatis akan terdegradasi untuk diganti oleh dua klub teratas divisi Championship.

2. klub penghuni peringkat 16 Liga Primer Inggris wajib mengikuti babak play-off dengan penghuni urutan ketiga, keempat, dan kelima divisi Championship. Selain pemangkasan jumlah peserta, Piala EFL dan Community Shield rencananya juga bakal dihapuskan. Subsidi total 250 juta poundsterling juga disebut akan disiapkan untuk membantu klub-klub yang mengalami gangguan finansial.

3. Sebanyak 8,5 persen pemasukan tahunan Liga Primer Inggris akan digunakan untuk operasional dan 25 persen pendapatan akan disalurkan untuk operator liga Inggris (EFL).

4. sebanyak 100 juta poundsterling akan diberikan kepada Federasi Sepakbola Inggris (FA) untuk membantu perkembangan klub non-liga, sepakbola wanita, dan level akar rumput.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement