Selasa 13 Oct 2020 09:52 WIB

La Nina Sebabkan Curah Hujan Naik Hingga 40 Persen

La Nina diprediksi menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
hujan (ilustrasi)
Foto: republika
hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena La Nina akan menyebabkan curah hujan bulanan di Indonesia mengalami kenaikan 20-40 persen di atas normal. Karena itu, dalam rapat terbatas antisipasi bencana hidrometeorologi di Istana Merdeka, Selasa (13/10) pagi ini, Presiden meminta seluruh jajarannya mempersiapkan antisipasi terjadinya bencana dampak dari fenomena La Nina ini.

“Laporan yang saya terima dari BMKG, fenomena La Nina diprediksi menyebabkan peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia akan naik 20-40 persen di atas normal,” ujar Jokowi.

Selain bencana hidrometeorologi, fenomena La Nina ini juga akan berdampak pada produksi pertanian, sektor perikanan, dan juga sektor perhubungan. Presiden pun meminta agar dampak dari La Nina ini betul-betul dikalkulasikan.

Jokowi juga menginstruksikan agar informasi mengenai prediksi dampak La Nina ini  disampaikan kepada seluruh pemerintah daerah.

“Saya juga minta supaya disampaikan disebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca secepat-cepatnya ke seluruh provinsi dan daerah sehingga tahu semuanya, sebetulnya curah hujan bulanan ke depan ini akan terjadi kenaikan seperti apa,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement