Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Mantan Jubir Usamah Bin Laden Bebas dari Penjara AS

Selasa 13 Oct 2020 09:38 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Mantan Jubir Usamah Bin Laden Bebas dari Penjara AS. Penjara (ilustrasi)

Mantan Jubir Usamah Bin Laden Bebas dari Penjara AS. Penjara (ilustrasi)

Adel Abdel Bary menyebarkan propaganda atas nama Alqaidah.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan juru bicara Usamah bin Laden akan segera bertemu kembali dengan keluarganya di London setelah dibebaskan dari penjara di AS. Dia dipenjara karena peran propagandanya dalam serangan 1998 terhadap kedutaan besar di Kenya dan Tanzania yang menewaskan 224 orang.

Adel Abdel Bary (60 tahun) yang menyebarkan propaganda atas nama Alqaidah dari markas besarnya di London, dipenjara selama 25 tahun oleh seorang hakim AS pada Februari 2015. 

Baca Juga

Namun, dia menjalani hukuman kurang dari lima tahun di penjara AS setelah melawan ekstradisi dari tahanan di Inggris selama lebih dari satu dekade. Dia dibebaskan beberapa pekan lebih awal dari 28 Oktober yang direncanakan karena kekhawatiran Covid-19 di penjara.

Menurut pengacaranya, Bary ditahan di penjara dengan keamanan menengah di New Jersey di mana hampir 10 persen narapidana dinyatakan positif Covid-19. Selama di penjara, dia mengalami obesitas dan menderita asma.

Dia dibawa ke tahanan imigrasi setelah dibebaskan pada 9 Oktober dan akan dikembalikan ke keluarganya di London. "Tidaklah cukup untuk menjauhkannya dari keluarganya di saat-saat terakhir dalam hidupnya," kata Hakim Distrik AS, Lewis Kaplan dilansir di The National, Selasa (13/10).

Pertemuan dengan keluarganya tidak akan menyertakan putranya Abdel Majed Abdel Bary, yang merupakan salah satu teroris ISIS paling dicari di Eropa sampai ia ditangkap di Spanyol pada April. Abdel Bary, mantan musisi rap, pernah berpose dengan kepala terpenggal di Suriah dan menjanjikan kematian kepada semua orang Barat setelah meninggalkan Inggris pada 2013 untuk bergabung dengan ISIS.

Dia meninggalkan kelompok itu dua tahun kemudian setelah pengeboman koalisi berkelanjutan dan melarikan diri. Penyelidik yakin dia telah memasuki Spanyol beberapa hari sebelum penangkapannya di Almeria. Video penggerebekan menunjukkan polisi bersenjata memimpin Abdel Bary dan dua rekannya dari sebuah apartemen dengan kepala tertutup.

Pejabat Inggris tidak diizinkan membatasi pergerakan ayahnya ketika dia kembali ke London karena dia telah menjalani hukumannya. Tapi sumber pemerintah mengatakan kepada The Times Inggris hidup dengan risiko yang terlibat dalam potensi kembalinya Adel Abdel Bary.

Bary adalah tokoh dalam Jihad Islam Mesir, kemudian bergabung dengan Alqaidah. Dia diberikan suaka di Inggris pada awal 1990-an setelah mengklaim disiksa oleh rezim Husni Mubarak.

Badan Amal Antiekstremisme Inggris, Faith Matters mengatakan Adel Abdel Bary harus tetap berada di radar dinas keamanan Inggris. “Orang-orang seperti Bary-lah yang menciptakan monster ekstremisme Islam," kata badan amal tersebut.

Pengacaranya mengklaim  pada bulan lalu Bary tidak menimbulkan bahaya bagi komunitas, tetapi mengatakan dia tidak akan lagi berjalan-jalan di kota-kota AS. "Dia tidak pernah menganjurkan kekerasan dan organisasi yang dia kaitkan dengan lebih dari 20 tahun yang lalu," kata pengacara New York, Andrew Patel.

Perjanjian ekstradisi mencakup ketentuan bagi Bary untuk dikeluarkan dari Amerika Serikat dan dikembalikan ke Inggris Raya, khususnya ke keluarganya di London setelah menjalani hukumannya. 

https://www.thenational.ae/world/europe/osama-bin-laden-s-former-spokesman-adel-abdel-bary-set-for-london-return-after-us-prison-term-1.1092456

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA