Selasa 13 Oct 2020 12:10 WIB

Seberapa Besar Risiko Kena Covid-19 Saat Antre?

Lakukan langkah pencegahan penularan Covid-19 saat mengantre.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Pengunjung mengantre di supermarket di Lima, Peru, Jumat (3/4). Berbelanja bahan makanan sebagai aktivitas berisiko rendah penularan Covid-19.
Foto: AP/Rodrigo Abd
Pengunjung mengantre di supermarket di Lima, Peru, Jumat (3/4). Berbelanja bahan makanan sebagai aktivitas berisiko rendah penularan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama pandemi virus corona jenis baru (Covid-19) melanda dunia, banyak orang yang berpikir untuk menghindari keramaian apapun. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan diri demi mencegah terjadinya penularan penyakit.

Tak jarang, orang memilih pergi ke supermarket, bank, maupun tempat publik lainnya di saat jam yang dianggap tidak ramai. Di hari-hari kerja pun demikian.

Baca Juga

Persoalannya, ternyata yang berpikir seperti itu bukan hanya Anda seorang. Pada akhirnya, keramaian tetap ada di tempat tujuan, yang membuat diri Anda kini mungkin berdiri di antrean pintu masuk supermarket atau kasir.

Saat berada di antrean seperti itu, mungkin Anda jadi bertanya-tanya apakah ini aman untuk dilakukan? Kekhawatiran tentu sering muncul, terlebih jika ada salah satu orang di sekitar yang batuk maupun bersin.

 

Meski Anda mengenakan masker dan berdiri dengan jarak sejauh dua meter dari orang di depan dan belakang, pernyataan apakah Covid-19 tetap bisa menular terus menggelayut di pikiran. Dilansir laman WebMd, jawaban dari pertanyaan tersebut mungkin adalah tidak.

Ilmu pengetahuan telah mengungkap bagaimana virus corona jenis baru menyebar. Virus SARS-CoV-2 menyebar melalui kontak dekat, termasuk jarak yang berdekatan, selama periode waktu yang berkelanjutan, yaitu 15 menit atau lebih.

Antrean di toko bahan makanan kemungkinan besar tidak membuat Anda berhubungan dekat dengan seseorang selama lebih dari 15 menit. Itulah sebabnya banyak ahli menganggap belanja bahan makanan sebagai aktivitas berisiko rendah.

photo
Pengunjung supermarket antre untuk membayar barang belanjaan. - (Prayogi/Republika)

Tentu saja, ini asumsinya bahwa setiap orang mengenakan masker dengan benar dan menjaga jarak dua meter dari orang lain. Jika khawatir tentang tertular virus saat sedang mengantre, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan ekstra seperti berikut:

Pertama, jangan berlama-lama dan mengobrol dengan kasir. Ini menjadi situasi utama yang membuat Anda berhubungan dekat dan bertatap muka dengan orang lain saat berbelanja.

Kedua, jika harus berbicara dengan seseorang, palingkan kepala Anda. Ini dapat mencegah diri dari menghirup napas orang lain saat berbicara.

Ketiga, meski kemungkinan penularan Covid-19 saat mengantre di toko dan tempat lainnya sangat kecil, Anda tetap harus melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan. Hal ini diperlukan guna menghindari berbagai potensi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement