Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Gedung Putih Nyatakan Trump Negatif Covid-19

Selasa 13 Oct 2020 06:39 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump

Foto: AP Photo/Alex Brandon
Dokter Gedung Putih nyatakan Trump sudah negatif Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dokter Gedung Putih, Sean Conley, menyatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump negatif Covid-19 dan dia tidak menular ke orang lain. Pernyataan jelas ini akhirnya keluar setelah beberapa hari Gedung Putih enggan membukanya.

Dalam sebuah memo yang dirilis oleh Gedung Putih, Conley mengatakan Trump telah dites negatif selama beberapa hari berturut-turut. Dia menggunakan kartu antigen Abbott Laboratories BinaxNOW.

Conley menjelaskan tes negatif dan data klinis dan laboratorium lainnya menunjukkan kurangnya replikasi virus yang terdeteksi. Artinya Trump telah negatif virus corona yang diumumkan ke publik pada 2 Oktober lalu.

Sebelum pengumuman negatif Covid-19, Gedung Putih enggan menyatakan secara langsung, termasuk Trump. Mereka hanya memberi tahu publik kalau Trump yang akan maju kembali dalam pemilihan presiden November sudah baik-baik saja dan tidak menular.

Bahkan ketika didesak untuk memberi informasi seputar virus corona Trump, tim di Gedung Putih mengelak dengan menyatakan informasi itu rahasia. Sikap tersebut menimbulkan pertanyaan banyak pihak seputar tes yang dijalani Trump setelah tiga hari mendapatkan perawatan di rumah sakit militer karena dia sudah bersiap melakukan kampanye.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA