Selasa 13 Oct 2020 05:55 WIB

Hindari Makanan Ini Demi Kesehatan Jantung

Makanan yang dikonsumsi berefek langsung terhadap tekanan darah.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Makanan yang dikonsumsi berefek langsung terhadap tekanan darah (Foto: ilustrasi makanan sehat)
Foto: Pixabay
Makanan yang dikonsumsi berefek langsung terhadap tekanan darah (Foto: ilustrasi makanan sehat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan memiliki peran penting dalam kesehatan jantung kita. Menurut American Heart Association, kita perlu mengonsumsi makanan yang sehat yang direkomendasikan untuk kesehatan jantung yang optimal.

“Orang dewasa direkomendasikan makan makanan sehat yang menekankan pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian, nabati tanpa lemak atau protein hewani, dan ikan,” kata profesor nutrisi di Penn State dan rekan dari American Heart Association, Penny Kris-Etherton, PhD, RD, dilansir di laman Real Simple, Senin (12/10).

Baca Juga

Makanan yang kita makan, kata dia, memiliki efek langsung pada tekanan darah. Bahkan, makanan yang kita makan juga membantu menentukan bagaimana darah membeku.

Penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung yang berkorelasi erat dengan apa yang kita makan. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan tinggi serat dapat secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung.

Lalu, apa saja makanan yang harus kita hindari untuk kita konsumsi secara berlebihan demi kesehatan jantung kita? Menurut Kris-Etherton, kita harus membatasi makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol makanan, lemak trans, natrium (garam), daging olahan, karbohidrat olahan, dan minuman yang dimaniskan dengan gula.

"Lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan kolesterol LDL, dan natrium meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke," jelas Kris-Etherton.

photo
(ilustrasi) - (Wikipedia)

Dia melanjutkan, potongan daging olahan adalah makanan yang harus dihindari. Lalu, dia meminta untuk terus memperhatikan hal-hal seperti daging atau dendeng, yang sangat tinggi natrium dan lemak jenuhnya.

“Terakhir, konsumsi makanan seperti soda, permen, kue kering, dan makanan penutup berlemak dan manis dalam jumlah sedang,” kata Kris-Etherton.

Seorang ahli bedah jantung Brian Lima, MD mengatakan, potongan daging dingin dan daging makan siang, sarat dengan lemak jenuh dan natrium dalam jumlah tinggi, yang merupakan komponen utama garam. Asupan natrium, kata dia, yang meningkat dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi dan gagal jantung.

Selain daging olahan, Dr. Lima mengatakan hal yang sama berlaku untuk tuna dan sup kalengan, yang biasanya mengandung banyak natrium. “Makanan yang tinggi lemak jenuhnya, seperti ayam goreng, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat Anda,” kata Lima.

Makanan tersebut, kata dia, dianggap 'buruk' karena dapat meningkatkan penumpukan plak aterosklerotik di pembuluh darah. Hal itu meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Tetapi ada lapisan peraknya, yaitu semua makanan penyehat jantung yang juga rasanya enak.

"Ya, ada makanan yang harus dihindari, tetapi ada juga banyak makanan untuk dicoba dan ditambahkan ke dalam diet Anda yang akan mengisi tubuh Anda dengan nutrisi positif,” tambah Kris-Etherton.

Menurutnya, ketika berbicara tentang makan sehat, maka lebih baik kita berfokus untuk menambahkan lebih banyak makanan lezat dan padat nutrisi. Hal itu lebih baik daripada berfokus pada membatasi diri Anda sendiri.

“Membuat diet Anda menyenangkan akan membuatnya lebih mudah dipertahankan, yang penting untuk gambaran keseluruhan jangka panjang yang mempengaruhi kesehatan jantung,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement