Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Enam Cara Kurangi Stres Selama Pandemi

Senin 12 Oct 2020 15:52 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Pandemi Covid-19 sedikit banyak memberikan dampak psikologis bagi banyak (Foto: ilustrasi stres)

Pandemi Covid-19 sedikit banyak memberikan dampak psikologis bagi banyak (Foto: ilustrasi stres)

Foto: Flickr
Sekitar 83 persen orang Amerika mengaku lebih stres selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 sedikit banyak memberikan dampak psikologis bagi banyak. Menurut data dari American Psychological Association, 83 persen orang Amerika mengakui lebih stres selama pandemi.

Dengan kehidupan sehari-hari yang berbeda dari biasanya, terlalu mudah untuk mengabaikan ritual perawatan diri. Namun, untuk melindungi kesehatan mental tidak ada salahnya memprioritaskan diri sendiri.

Berikut beberapa kebiasaan harian yang bisa mengurangi stres, dilansir laman Mind Body Green, Senin (12/10).

Kurangi Gawai
Mengurangi gawai berarti memberikan kedamaian tersendiri. Baik itu mengurangi Instagram atau pemeriksaan email, penting untuk memprioritaskan tidur berkualitas.

Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa perangkat di tempat tidur sebenarnya membantu mereka untuk tertidur, itu tetap bukan kebiasaan baik untuk dilakukan. Perangkat pemancar cahaya biru telah terbukti berdampak negatif pada kualitas tidur dan menyebabkan kantuk keesokan harinya.


Perhatikan Konsumsi Makanan Harian

Baca Juga

Mengonsumsi berbagai makanan penting tetapi tidak ada salahnya memilih yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Daripada mengeluhkan camilan favorit harian, coba luangkan waktu sejenak untuk menikmati apa yang dikonsumsi.

Makanan ringan seperti yogurt yang kaya manfaat dan lembut akan memenuhi kebutuhan sekaligus memanjakan hari Anda. Minuman fermentasi ini bisa dihitung dalam satu porsi kalsium dan lemak sehat setiap harinya.

photo
(Foto ilustrasi) - (Wallpapaer Flare)
Menyikat Tubuh
Sebelum mandi setiap pagi, luangkan beberapa menit untuk menyikat tubuh. Teknik ini tidak hanya akan membantu mendapatkan kulit halus dan lembut tetapi juga membantu detoksifikasi dan stimulasi seluruh sistem Anda.

Mulai dari kaki atau tangan, lanjutkan ke tubuh menuju jantung, dengan gerakan melingkar yang lembut. Tindakan ini akan membantu merangsang sirkulasi darah dan sistem limfatik, yang memainkan peran penting dalam membersihkan tubuh dari racun serta mengangkut sel darah putih ke seluruh tubuh.


Membumi
Daripada pergi ke kedai kopi, mengapa tidak memilih rumput? "Grounding" atau "earthing" adalah tindakan sederhana berjalan di atas rumput (atau bumi) tanpa alas kaki. Berjalan tanpa sepatu dan meluangkan waktu sejenak untuk terhubung dengan bumi akan membawa kembali ke masa kecil dan kegembiraan sederhana berada di luar ruangan.

Sains juga telah menemukan manfaat dari pentanahan. Ini termasuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

Catatan Bersyukur
Coba saja cari di mesin pencari, Google "kutipan rasa syukur". Hasilnya akan menunjukkan daftar panjang tokoh publik yang menginspirasi dan gemar bersyukur untuk keluar dari keputusasaan.

Luangkan beberapa menit untuk menuliskan lima hal yang membuat kita selalu bersyukur. Entah itu bersyukur melihat sesuatu yang kecil seperti anjing yang menggoyangkan ekornya atau di hari yang cerah, atau kebahagiaan sederhaba lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa rasa syukur dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, memperkuat hubungan, dan bahkan membantu mengurangi stres. Motivasi diri dengan jurnal atau catatan yang lucu dan jadikan itu bagian dari rutinitas perawatan diri harian.

Meditasi
Salah satu cara termudah untuk memusatkan diri adalah dengan berkonsentrasi pada pernapasan. Pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam, dan sadari dengan baik lingkungan yang dihadapi.

Ulangi selama beberapa menit di awal hari dan perhatikan betapa rileksnya perasaan  sesudahnya. Jika merasa sulit untuk berkonsentrasi, coba gunakan meditasi pernapasan melalui panduan video YouTube ataupun coba menemukan cara sendiri yang sesuai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA