Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Citibank Siapkan Rp 500 Miliar Bangun UMKM Muda

Senin 12 Oct 2020 13:29 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi

Citibank (ilustrasi). Citi Indonesia (Citibank NA Indonesia) menyiapkan investasi sebesar Rp 500 miliar hingga 2023 untuk membantu pengembangan wirausahawan muda di Indonesia.

Citibank (ilustrasi). Citi Indonesia (Citibank NA Indonesia) menyiapkan investasi sebesar Rp 500 miliar hingga 2023 untuk membantu pengembangan wirausahawan muda di Indonesia.

Foto: news.nationalpost.com
Berwirausaha makin relevan di tengah kondisi saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mendorong tumbuhnya UMKM muda, Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citibank NA Indonesia (Citi Indonesia), Caterpillar Indonesia, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) kembali mengimplementasikan Program Student Company atau Perusahaan Siswa yang melibatkan lebih dari 900 pelajar SMA/SMK dari 11 wilayah di Tanah Air. Meliputi Batam, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Blora, Tuban, dan Denpasar.

Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia Siddharta Moersjid mengatakan, program yang berlangsung selama Januari-September 2020, melahirkan 44 bisnis baru dengan total omzet mencapai Rp 272 juta. Lebih dari itu, perusahaan siswa yang telah terbentuk diharapkan dapat terus tumbuh menjadi UMKM yang berkelanjutan. 

Baca Juga

Lingkungan kewirausahaan Indonesia tengah bergerak ke arah yang kian positif. Hal ini yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, terlebih di tengah pandemi Covid-19. "Optimisme itu yang kami usung dalam melaksanakan Program Student Company tahun ini," ujar Siddharta, Ahad (11/10).

Menurutnya program yang telah digagas lebih dari satu dekade lalu menjadi semakin relevan dengan kondisi sekarang. Dengan peningkatan kompetensi kewirausahaan melalui pemberdayaan pelajar, ia yakin UMKM di Tanah Air akan tumbuh dan diperhitungkan.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A Anjungsari menambahkan, kegiatan sosial kemasyarakatan Citibank berfokus pada pemberdayaan generasi muda, utamanya dalam ranah edukasi dan literasi keuangan serta pengetahuan mengenai dasar-dasar kewirausahaan. Dengan investasi sebesar Rp 500 milliar sampai 2023, Citi Indonesia berharap semakin banyak lagi generasi muda yang kurang beruntung dapat terbantu terutama dalam menghadapi situasi yang sedang sulit akibat pandemi. 

"Kami juga percaya pemberdayaan generasi muda adalah solusi bagi kita semua untuk mengatasi krisis sekarang ini," ucap Puni.

Vice President Public & Government Affairs ExxonMobil Cepu Limited Azi N Alam menyampaikan, kolaborasi dengan PJI melalui Program Student Company merupakan realisasi visi EMCL dalam mendorong tumbuhnya wirausahawan muda, khususnya di sekitar wilayah operasi. EMCL yakin perwakilan pelajar dari Tuban mampu mengoptimalkan pengalaman ini menjadi bekal dan motivasi sebagai wirausahawan. 

"Melalui program ini, kami yakin, semangat wirausaha akan menginspirasi kalangan muda lainnya. Tidak hanya di Tuban, tapi di Indonesia. Tidak hanya saat ini, tapi juga masa mendatang," ucap Azi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA