Senin 12 Oct 2020 11:12 WIB

Umat ​​Muslim Ohio Rayakan Hari Islam Tahunan Secara Virtual

Muslim dan non-Muslim di Ohio bertemu setiap tahun untuk merayakan hari Islam tahunan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Muslimah shalat di Masjid Al Islam, Toledo, Ohio, AS
Foto: madinahmosque
Muslimah shalat di Masjid Al Islam, Toledo, Ohio, AS

REPUBLIKA.CO.ID, AMERIKA -- Selama tiga dekade terakhir, Muslim dan non-Muslim di Ohio bertemu setiap tahun di bulan Oktober untuk merayakan Hari Islam tahunan di Ohio (IDO). Acara yang pertama kali dirayakan pada tahun 1987 itu dulu menawarkan kesempatan untuk mempromosikan dan mendidik orang lain tentang Islam.

Meski pandemi Covid-19 telah menyebabkan pembatalan banyak acara, Dewan Islam Ohio (ICO) bertekad untuk menandai acara tahun ini dengan perayaan online. Setiap tahun ICO bermitra dengan Islamic Center di Negara Bagian Ohio untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.  Tahun ini, masyarakat Islam Akron dan Kent dan Masjid Akron berkolaborasi dengan ICO untuk menyelenggarakannya secara virtual.

“Tradisi ini sangat berpengaruh dan sukses di tahun-tahun sebelumnya.  ICO akan melanjutkan tradisi ini, serta terus memperkuat hubungan dengan pejabat publik Ohio, dalam aspirasi mempromosikan Islam secara murni dan tulus kepada publik,” kata ICO di situsnya.

Acara itu menghadirkan pembicara Azhar Azeez, mantan Presiden Masyarakat Islam Amerika Utara, Anggota Dewan Basheer Jones, perwakilan dewan Muslim pertama Cleveland Sr. Toqa Hassan, pendiri Jaringan Inspirasi Pemuda, kelompok pemuda Masjid Akron;  dan Khalid Madhi, Ketua Dewan Pendidikan Akademi Islam Faith.

Perayaan tahunan ini pertama ditandai pada tahun 1987 setelah Gubernur Richard Celeste saat itu mengumumkan Hari Islam resmi di Ohio.  Itu terjadi sebagai akibat langsung dari upaya Dewan dalam mempromosikan Islam kepada pejabat publik terpilih Ohio.

Tujuan dari acara ini adalah untuk mempromosikan dan mendidik orang lain tentang Islam, cita-cita, ajarannya, dan praktiknya kepada komunitas Ohio. Hari Islam juga merupakan hari pengakuan bagi Islam dan Muslim di Hawaii pada 24 September 2009, yang ditetapkan oleh resolusi simbolis Badan Legislatif Negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement