Senin 12 Oct 2020 02:01 WIB

Lucky 13, Nadal Cetak Rekor Juara Grand Slam French Open

Nadal meraih gelar ke-13 pada Grand Slam French Open setelah menaklukkan Djokovic.

Selebrasi Rafael Nadal usai menjuarai French Open 2020.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Selebrasi Rafael Nadal usai menjuarai French Open 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis Spanyol Rafael Nadal mencetak rekor di Roland Garros, Paris, Prancis pada Ahad (11/10). Nadal meraih gelar ke-13 pada Grand Slam French Open setelah menaklukkan petenis nomor satu dunia dari Serbia Novak Djokovic 6-0, 6-2, dan 7-5 partai puncak. Selama 15 tahun, Nadal mengumpulkan 100 kemenangan dalam pertandingan French Open dengan hanya dua kali kalah.

Nadal sekaligus menyamai rekor 20 gelar juara Grand Slam yang sebelumnya diukir Roger Federer. Petenis nomor dua dunia ini bersama Federer menjadi pemain dengan gelar juara tunggal putra Grand Slam terbanyak.

Baca Juga

Nadal langsung mendikte Djokovic guna merebut set pembuka dalam penampilan yang nyaris sempurna. Ia hanya dua kali membuat unforced error. Nadal kemudian makin mencengkeram Djokovic pada set kedua di bawah atap lapangan Philippe Chatrier.

Djokovic yang memburu gelar Grand Slam ke-18 berjuang pada set ketiga dengan balik menyamakan skor 3-3, namun kehilangan servis akibat double fault pada gim kesebelas. Ini melapangkan jalan Nadal membukukan kemenangan ke-100 di Roland Garros lewat sebuah ace.

"Pertama sekali tentu selamat kepada Novak atas turnamen hebat lainnya, maaf untuk hari ini," kata Nadal yang kini sudah mengalahkan Djokovic dalam semua dari tiga final French Open.

"Di Australia (dalam final 2019) dia menghabisi saya. Kami sudah begitu sering bermain, satu hari satu kemenangan, hari lain kemenangan lain," sambung Nadal seperti dikutip Reuters.

Djokovic sudah lima kali berturut-turut memenangi final Grand Slam sejak dikalahkan Stan Wawrinka pada Australian Open 2016, namun Nadal tidak mengeluh sekalipun berada dalam stadion berdesain baru, dengan atap dan kurangnya penonton di tengah krisis Covid-19. 

Nadal yang berusia 34 tahun tidak mengira bisa menyamai pencapaian Federer. "Menang di sini berarti segalanya. Saya tak mengira hari ini adalah kemenangan ke-20 dan menyamai Roger dalam angka hebat ini, hari ini sungguh sebuah kemenangan Roland Garros dan itu berarti segalanya bagi saya. Ini kisah cinta saya dengan kota ini dan lapangan ini tak terlupakan," kata Nadal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement