Ahad 11 Oct 2020 20:52 WIB

Toba Pulp Bersiap Salurkan Hand Sanitizer Cegah Covid-19

Keluarga akan menjadi sasaran utama dalam penggalangan kampanye tersebut.

Seorang balita diberikan hand sanitizer. (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Seorang balita diberikan hand sanitizer. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Manajemen PT Toba Pulp Lestari Tbk bersiap membagikan hand sanitizer berbahan eucalyptus ke masyarakat sebagai wujud dukungan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumut. "Pembagian hand sanitizer berbahan eucalyptus itu disesuaikan dengan jumlah produksi," ujar Manajer Socap Toba Pulp Lestari, Simon H Sidabukke di Medan, Minggu.

Pembagian hand sanitizer eucalyptus itu bagian dari upaya dan dukungan Toba Pulp dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Sumut. Satgas Penanganan Covid-19 menggalakkan Kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Keluarga, katanya, akan menjadi sasaran utama dalam pengalangan kampanye tersebut. "Saat ini, karena tahap awal, produksi hand sanitizer masih terbatas dan dibagikan begitu saja," ujarnya.

Dia menjelaskan, produksi hand sanitizer kerja sama Toba Pulp dan Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU baru saja diluncurkan setelah melalui kajian panjang. Adapun pengembangan produksi hand sanitizer, ujar Simon, nantinya sejalan dengan situasi termasuk minat pasar. Ke depannya, pengenalan dan pemasaran hand sanitizer itu akan bekerja sama dengan pihak lain termasuk UKM Jurnalis Bina Mandiri.

Mewakili UKM Jurnalis Bina Mandiri, Jonris Purba menyebutkan, UKM Jurnalis siap menyalurkan atau membagikan hand sanitizer ke masyarakat. "Kami siap mengenalkan Hand Sanitizer Eucalyptus itu sesuai dengan semangat dari UKM Jurnalis yang mengharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang baik mengenai manfaat Eucalyptus," katanya.

Apalagi, Hand Sanitizer Eucalyptus yang jelas berbahan alami itu sangat pas dan dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Peneliti Pusat Kajian Iptek Eucalyptus USU, Muhammad Taufik, menyebutkan, produksi dan peluncuran Hand Sanitizer Eucalyptus itu menunjukkan bahwa eucalyptus berfungsi banyak.

Hasil penelitian, ujar Muhammad Taufik, ada sekitarr 17 senyawa yang bermanfaat dalam tanaman eucalyptus. Ada pun bahan baku yang dibutuhkan untuk hand sanitizer itu adalah eucalyptol (1,8 cineole) yang merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam daun eucalyptus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement