Ahad 11 Oct 2020 18:39 WIB

Mengapa Umar bin Khattab Pecat Khalid Sebagai Panglima?

Khalid bin Walid dipecat Umar bin Khattab.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 Mengapa Umar bin Khattab Pecat Khalid Sebagai Panglima?. Foto:   Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: Pixabay
Mengapa Umar bin Khattab Pecat Khalid Sebagai Panglima?. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID,

Mengapa Umar Memecat Khalid sebagai Panglima Perang?JAKARTA – Dalam sejarah Islam diketahui bahwa Khalifah Umar bin Khattab pernah mencatat panglima perang umat Islam yang dijuluki Rasulullah sebagai “Pedang allah”, Khalid bin Walid. Padahal, Khalid adalah seorang panglima perang yang belum pernah terkalahkan di setiap pertempuran yang dipimpinnya.

Baca Juga

Saat menghadapi Parsi, Iraq, dan lain sebagainya, Khalid bin Walid selalu ditakdirkan menang oleh allah, sehingga prajuritnya pun mulai memujinya dan memujanya. Bahkan, orang-orang membuat banyak syair dna lagu untuk memuji kepahlawannya yang masyhur itu.

Lalu mengapa Khalifah Umar memecat sang Singa Padang Pasir itu?

Dalam buku “Kuliah Tauhid” karya Imaduddin Abdulrahim dijelaskan bahwa saat Khalid sedang menyusun strategi untuk mengempur Byzantium atau Romawi Timur, datanglah surat perintah agar Khalid menyerahkan jabatannya kepada Abdullah bin Ubaid.

Namun, Khalid yang sedang memimpin rapat tidak langsung membacakan surat perintah dari Khalifah Umar itu. Dengan perhitungan bahwa kalau ia menyerahkan jabatan tersebut saat sedang rapat untuk menyerang Byzantium, maka akan terjadi kekacauan.

Karena itu, ia menyelesaikan rapat tersebut terlebih dahulu. Setelah usul-usulnya diterima dan menjelaskan cara menyerang Byzanitum, baru lah Khalid menyerahkan jabatannya sebagai panglima perang kepada Abdullah bin Ubaid.

Setelah mundur dari jabatannya, Khalid kemudian kembali ke Madinah untuk melapor kepada Khalifah Umat bahwa perintahnya sudah dilaksanakan. Setelah itu, Khalid meminta penjelasan lebih jauh kepada Umar terkait pemecatan dirinya tersebut. Karena, ia khawatir ada kekeliuran yang diperbuatnya selama memimpin perang.

Khalid memang mempunyai kelemahan di bidang tata administrasi dan pembukuan. Kendati demikian, Khalid sendiri meyakini bahwa tidak pernah keliru dalam perhitungan-perhitungan keuangan dari dana perjuangan itu.

Namun, Umar menegaskan bahwa masalahnya bukan karena itu. “Itu soal yang bisa dimaafkan,” kata Umar menjelaskan kepada Khalid.  “Tetapi sebagai khalifah aku bertanggung jawab atas akidah umat. Engkau adalah pahlawan perkasa yang tak dapat dikalahkan di setiap medan pertempuran. Tapi, akibatnya rakyat mulai menyanyikan lagu pujian untukmu, dan tidak lagi memuji dan memuja Allah semata. Aku khawatir mereka menjadi syirik. Sebagai penanggung jawab aku harus membuktikan kepada seluruh umat, bahwa semata sebagai hamba Allah aku mampu memecat Khalid bin Walid sebagai panglima perang yang masyhur,” jelas Umar panjang lebar.

Setelah mendengar penjelaskan Khalifah Umar, Khalid tersadar dan menerima keputusan Umar yang bijaksana itu dengan keikhlasan yang sungguh-sungguh. Khalid pun mundur dari hadapan Khalifah Umar seraya melompat lagi ke medan pertempuran dan maju menyerang musuh, tidak lagi sebagai penglima perang tetapi sebagai prajurit biasa.

Orang-orang lain terheran-heran melihatnya, mengapa setelah dipecat Khalid masih mau terjun ke medan perang. Khalid pun berseru, “Aku bertempur dan berjuang tidak karena Khalifah Umar, akan tetapi aku berjuang karena  Allah semata!.”

Seperti itu lah ekspresi dan manifestasi dari ruh tauhid sejati yang ditunjukkan Khalid bin Walid. Jadi, Khalifah Umar memecat Khalid bukan karena ia tak mampu lagi memimpin medan perang, melainkan untuk menjaga akidah umat yang saat itu mulai berpaling dari Allah karena sosok kepahlawanan Khalid.

n/Muhyiddin

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement