Ahad 11 Oct 2020 12:22 WIB

7 Makanan Penambah Imunitas Tubuh di Musim Hujan

Asupan makanan tetap yang utama untuk menjaga diri dari musim flu tahun ini.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Asupan makanan tetap yang utama untuk menjaga diri dari musim flu tahun ini (Foto: ilustrasi daya tahan tubuh)
Foto: Pxhere
Asupan makanan tetap yang utama untuk menjaga diri dari musim flu tahun ini (Foto: ilustrasi daya tahan tubuh)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Oktober tiba dan cuaca mulai dingin, artinya musim pilek dan flu dimulai. Karena kita wajib memakai masker, menjaga jarak dan bekerja dari rumah, kemungkinan tertular penyakit menular pernapasan seperti flu mungkin minim.

Tetapi hal itu bukanlah kunci utama untuk kesehatan yang sempurna. Seringkali, status gizi yang buruk dikaitkan dengan peradangan dan stres oksidatif, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga

Untuk itu coba tujuh makanan berikut, untuk mendukung sistem kekebalan tubuh selama musim flu.

Kacang-kacangan

 

Ahli diet terdaftar dan Owner Sound Bites Nutrition di Cincinnati, Ohio, Lisa Andrews mengatakan bahwa kacang polong atau lentil bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang-kacangan mengandung serat prebiotik yang membantu mendukung probiotik hidup, khususnya lactobacillus, untuk mencegah infeksi dan mengurangi peradangan.

Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti kimchi, sauerkraut, dan kefir mengandung probiotik hidup. Probiotik adalah bakteri hidup yang menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh. Ahli diet terdaftar yang berbasis di California dan pendiri Tasty Balance Nutrition Lindsey Pine merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang difermentasi karena sekitar 70 persen dari sistem kekebalan manusia berada di usus.

“Dengan menjaga kesehatan usus dan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, Anda membantu melindungi sistem kekebalan," kata dia seperti dikutip dari laman Very Well Health, Ahad (11/9),

Kunyit

Ahli diet terdaftar yang berbasis di New York City, Alena Kharlamenko menjelaskan bahwa kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan melindungi tubuh Anda dari senyawa berbahaya.

Tiram

Kharlamenko juga mengatakan bahwa menambah tiram ke dalam makanan mereka bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Tiram dan kerang lain seperti udang dan lobster juga dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan imun tubuh.

Ikan salmon

Salmon mengandung vitamin D dan asam lemak omega-3, yang penting untuk produksi antibodi yang optimal. Ikan salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan lemak omega-3. Setiap 100 gram daging ikan salmon, memiliki lemak omega-3 rantai panjang sebanyak 2,3 gram.

Jeruk

Jus jeruk penuh dengan nutrisi pendukung kekebalan, termasuk vitamin C. Memilih jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D memberikan beberapa dukungan kekebalan ekstra, karena asupan nutrisi ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko infeksi saluran pernapasan, termasuk flu.

Bawang putih

Menambahkan bawang putih ke dalam masakan, itu dapat membantu menangkal penyakit selama musim dingin dan flu dengan cara alami. Saat bawang putih dihancurkan atau dicincang, senyawa yang disebut allicin diproduksi. Senyawa ini telah terbukti mengurangi peradangan dan menawarkan manfaat kesehatan kekebalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement