Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Casillas Anggap Ronaldo Lebih Impresif Dibanding Messi

Sabtu 10 Oct 2020 19:14 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Cristiano Ronaldo (kanan) dan Lionel Messi

Cristiano Ronaldo (kanan) dan Lionel Messi

Foto: Jon Super/AP Photo
Ronaldo dianggap bisa bersaing di level teratas berkat kerja keras dan determinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan kapten sekaligus kiper Real Madrid, Iker Casillas, menilai dalam hal kerja keras dan determinasi, Cristiano Ronaldo jauh lebih impresif dibanding Lionel Messi. Sementara Messi dianugerahi bakat yang luar biasa, Ronaldo dianggap bisa bersaing di level teratas berkat kerja keras dan determinasi.

Setidaknya dalam satu setengah dekade terakhir, perdebatan yang sering muncul antara penggemar sepak bola adalah soal siapakah diantara Messi dan Ronaldo yang layak menyandang status sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah si kulit bundar. Dari segi raihan gelar Ballon d'Or atau pesepak bola terbaik sejagat, Messi terbukti lebih unggul dari Ronaldo.

Baca Juga

Messi itu telah mengoleksi enam trofi Ballon d'Or, sementara Ronaldo baru mengumpulkan lima piala. Namun, buat Casillas, apa yang telah dilakukan dan dicapai Ronaldo di sepanjang kariernya jauh lebih menakjubkan ketimbang Messi. Menurut mantan penjaga gawang timnas Spanyol tersebut, Ronaldo memiliki keinginan besar untuk bisa terus berada di level tertinggi.

"Sejak kecil, Ronaldo selalu memiliki keinginan besar untuk bisa sukses. Saya kira, dia sudah mencapainya. Kita semua tahu, bagaimana luar biasanya talenta Messi, tapi Ronaldo memiliki determinasi dan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik,: kata Casillas dalam wawancara dengan AS, Sabtu (10/10).

Casillas pun menolak anggapan Ronaldo sebagai pribadi yang sombong dan arogan. Menurut dia, kenyataannya justru sebaliknya. "'Saya rasa, kita semua beruntung bisa menyaksikan dan menikmati permainan dua pemain fenomenal tersebut," tutur mantan penjaga gawang Porto tersebut.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA