Sabtu 10 Oct 2020 10:57 WIB

Brasil Gasak Bolivia, Firmino Sumbang Dua Gol

Brasil memuncaki klasemen sementara di atas Kolombia, Uruguay, dan Argentina.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Brasil, Tite.
Foto: EPA/Antonio Lacerda
Pelatih timnas Brasil, Tite.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roberto Firmino menyumbangdua gol saat tim nasional (timnas) Brasil menggasak Bolivia 5-0 dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol di Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo, Sabtu (10/10) pagi WIB. Selain melalui dwigol Firmino, kemenangan Brasil disokong gol-gol Marquinhos dan Philippe Coutinho serta sebuah gol bunuh diri bek Bolivia, Jose Carrasco.

Berdasarkan catatan laman resmi Conmebol, skor telak itu membuat Brasil menduduki posisi puncak klasemen sementara di atas Kolombia, Uruguay, dan Argentina yang juga memenangi pertandingan pertama masing-masing.

Penjaga gawang Brasil, Weverton, tak banyak melakukan apa-apa dalam pertandingan tersebut. Hal tesebut merupakan keuntungan besar bagi Brasil mengingat kiper utama Brasil, Alisson Becker sedang cedera. Weverton hanhya mendapatkan ujian cukup serius pada menit ke-50 lewat tembakan Bruno Miranda.

Marquinhos sebetulnya berpeluang membuka keunggulan Brasil lima menit setelah sepak mula, tetapi sundulan jarak dekatnya masih melenceng dari sasaran. Pada menit ke-16 pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu membayar lunas kegagalannya dengan menanduk umpan silang terukur kiriman Danilo di muka gawang lawan.

Keunggulan itu digandakan oleh Firmino yang menyontek mudah umpan tarik kiriman Renan Lodi pada menit ke-30. Tujuh menit kemudian Casemiro hampir menambah keunggulan Brasil, tetapi eksekusi tendangan bebasnya masih bisa ditepis kiper Carlos Lampe.

Empat menit selepas sepak lanjut babak kedua, Firmino mencetak gol keduanya dengan penyelesaian umpan tarik dari Neymar.

Keungguan skuat asuhan Tite bertambah lagi pada menit ke-66, saat Coutinho melepaskan umpan silang yang secara mengejutkan dihindari oleh Neymar dengan merundukkan badan, sehingga bola mengenai Carrasco yang tidak siap dan memantul ke dalam gawang Bolivia.

Tujuh menit kemudian, Coutinho mencatatkan namanya di papan skor dengan sebuah gol sundulan mengalahkan dua bek tengah Bolivia untuk menanduk umpan silang Neymar.

Kendati sudah unggul 5-0, Brasil terus berusaha menambah marjin. Sayang tendangan bebas Neymar melayang tipis di atas mistar gawang dan eksekusi tendangan bebas berikutnya pada injury time bisa ditepis Lampe. Skor tak berubah hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Di pertandingan berikutnya pada Selasa (13/10) waktu Amerika Latin, Brasil bertandang ke Peru dan Bolivia menjamu Argentina di Stadion Hernando Siles, La Paz.

Susunan pemain:

Brazil (4-3-3)

Weverton; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva (Felipe), Renan Lodi (Alex Telles); Philippe Coutinho (Everton Ribeiro), Casemiro, Douglas Luiz; Everton (Rodrygo Goes), Roberto Firmino (Richarlison), Neymar

Pelatih: Tite

Bolivia (4-5-1)

Carlos Lampe; Jesus Sagredo, Jose Carrasco, Jose Sagredo; Christian Arabe (Rudy Cardozo), Antonio Bustamante (Franz Gonzales), Diego Wayar (Leonardo Zabala), Fernando Saldias (Boris Cespedes), Bruno Miranda; Cesar Menacho (Jhasmany Campos)

Pelatih: Cesar Farias

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement