Jumat 09 Oct 2020 20:57 WIB

Kerennya Drone Turki, Sukses Rontokkan Militer Armenia

Soal teknologi militer termasuk drone, Turki termasuk salah satu yang terdepan.

Rep: Nur Aini/ Red: Elba Damhuri
Drone Turki (Ilustrasi) -- Turki memiliki drone canggih yang sukses dalam misi militer
Foto: DEFENCE IMAGES
Drone Turki (Ilustrasi) -- Turki memiliki drone canggih yang sukses dalam misi militer

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Soal teknologi militer, Turki tampaknya termasuk salah satu yang terdepan. Beragam peralatan militer dikembangkan termasuk drone militer yang sudah teruji bagus di sejumlah wilayah konflik bersenjata di Timur Tengah dan Eropa.

Bahkan, tentara dan militer Armenia dibuat kalang kabut atas kehebatan drone Turki. Hal ini pun menarik perhatian media ternama Inggris, Financial Times, untuk mengulas kehebatan drone Turki.

Financial Times mengungkapkan program pesawat tanpa awak (UAV) Turki menjadikan negara itu sebagai kekuatan drone yang sedang berkembang.

Harian Inggris yang berbasis di London itu menulis bahwa drone produksi Turki kini menjadi saingan kuat bagi program drone produksi Amerika Serikat (AS), Israel, dan China.

Media Inggris itu mengungkapkan militer Azerbaijan telah menerbitkan rekaman drone bersenjata buatan Turki yang menghantam sejumlah posisi militer, menyerang sistem pertahanan udara, unit artileri, dan tank milik tentara Armenia.

Harian itu juga menyebut industri drone Turki yang berkembang adalah puncak dari upaya negara itu selama dua dekade untuk meningkatkan produksi pertahanan guna mengurangi ketergantungan Turki pada pembelian senjata dari Barat.

Drone Turki itu kini telah digunakan di lima zona konflik asing dalam beberapa tahun terakhir, yakni di langit Suriah, Libya, Irak utara, dan Mediterania Timur, dan terakhir di Nagorno-Karabakh tanah Azerbaijan yang diduduki Armenia.

Turki di bawah Presiden Recep Tayyip Erdogan sedang mencoba bangkit kembali sebagai salah satu sentral kekuatan dunia. Penguasaan terhadap teknologi militer pun menjadi prioritas pemerintahan Erdogan.

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement