Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Depok Harapkan Sekolah Jadi Pelopor Perubahan Lingkungan

Jumat 09 Oct 2020 18:53 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Ilustrasi siswa di sekolah.

Ilustrasi siswa di sekolah.

Foto: Foto : MgRol_93
Saat ini sudah terbentuk penggiat lingkungan di sejumlah sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Ety Suryahati berharap sekolah bisa menjadi pelopor perubahan lingkungan. Saat ini sudah terbentuk penggiat lingkungan di sejumlah sekolah.

"Sudah banyak penggiat di sekolah yang masif melakukan kegiatan berbasis lingkungan," kata Ety di Balai Kota Depok, Jumat (9/10).

Menurut Ety, berbagai upaya juga dilakukan DLHK untuk menggerakan sekolah agar bisa melakukan perubahan lingkungan. Seperti sosialisasi pemilahan sampah, menanam dengan cara hidroponik, pengurangan kantong plastik di kantin, dan lain-lain.

"Selain itu, setiap tahun kami juga rutin menggelar lomba berbasis lingkungan bagi siswa maupun masyarakat. Tujuannya adalah menciptakan kader baru untuk proses penanganan sampah," jelas Ety.

Ety menambahkan, pihaknya juga mendorong sekolah agar ikut serta dalam program Sekolah Adiwiyata. Program pemerintah pusat ini penilaiannya secara bertahap, dari tingkat kota hingga tingkat nasional.

"Sekolah yang berpredikat Adiwiyata, artinya sekolah tersebut sudah berbudaya lingkungan dan siswanya peduli terhadap kebersihan, keindahan serta kenyamanan sekolah. Kami bertekad memperbanyak Sekolah Adiwiyata setiap tahunnya untuk perubahan lingkungan yang lebih baik" pungkas Ety.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA