Jumat 09 Oct 2020 17:05 WIB

ASDP dan Damri Kerja Sama Operasional Bus

Kerja sama ini dikhususkan untuk bus bagi penumpang kapal ferry.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Calon Penumpang berjalan di depan bus Damri (ilustrasi). PT ASDP Indonedia Indonesia Ferry (Persero) dan Damri melakukan kerja sama operasionla angkutan bus.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Calon Penumpang berjalan di depan bus Damri (ilustrasi). PT ASDP Indonedia Indonesia Ferry (Persero) dan Damri melakukan kerja sama operasionla angkutan bus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonedia Indonesia Ferry (Persero) dan Damri melakukan kerja sama operasionla angkutan bus. Khususnya bagi penumpang kapal ferry yang akan melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Sosoro Merak menuju Bandara Soekarno-Hatta dan kawasan pariwisata Tanjung Lesung, Jawa Barat.

"Kami berusaha agar pengguna jasa dari Pelabuhan Merak semakin mudah mengakses layanan transportasi dari dan ke bandara Soekarno-Hatta maupun ke Tanjung Lesung," kata Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (9/10).

Baca Juga

Dia menuturkan, permintaan untuk ketersediaan layanan angkutan lanjutan tersebut cukup tinggi. Sebelumnya juga telah ada integrasi layanan transportasi kapal dengan kereta api di Pelabuhan Merak xan bus melalui Terminal Terpadu Merak.

Shelvy mengatakan, selama Oktober 2020, ASDP dan Damri melakukan ujicoba operasional layanan bus Damri dari Mall Sosoro Terminal Eksekutif Merak menuju Bandara Soekarno-Hatta dan Tanjung Lesung. Operasional bus tersebut dilayani setiap hari per dua hingga tiga jam.

"Dengan adanya layanan sinergi ini kami berharap masyarakat akan semakin mudah mengakses transportasi dari Pelabuhan Merak menuju ke bandara ataupun Tanjung Lesung," ungkap Shelvy.

Dia menmbahkan, untuk tujuan bandara disiapkan moda bus dengan kapasitas 39 kursi dan untuk ke Tanjung Lesung disiapkan kendaraan jenis elf dengan kapasitas 5 kursi. Shelvy mengtakan masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan memilih waktu perjalanan sesuai kebutuhan.

Jadwal uji coba operasional selama Oktober dilakukan dari Mall Sosoro Terminal Eksekutif Merak menuju Bandara Soekarno Hatta dengan rute Terminal Seruni (Cilegon) - Terminal Pakupatan (Serang) dengan jadwal keberangkatan pada pukul 01.00 WIB, 03.00 WIB, 05.00 WIB, 07.00 WIB, 10.00 WIB, 12.00 WIB, 14.00 WIB, dan 16.00 WIB dengan traif Rp 130 ribu. Lalu, dari Mall Sosoro Terminal Eksekutif Merak menuju Tanjung Lesung dengan rute Cilegon - Anyer - Carita (Labuan) - Panimbang dengan jadwal keberangkatan pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB, 12.00, dan pukul 13.00 WIB dengan tarif Rp 50 ribu.  

Untuk operasional dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Mall Sosoro Terminal Eksekutif Merak dengan rute yang sama dengan jadwal keberangkatan pada pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, 15.00 WIB, 17.00 WIB, 19.00 WIB, dan pukul 21.00 WIB. Dan dari Tanjung Lesung menuju Mall Sosoro Terminal Eksekutif Merak dengan rute yang sama, akan dilayani dengan jadwal keberangkatan pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB, 12.00 WIB, dan 13.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement