Jumat 09 Oct 2020 13:10 WIB

Eksperimen Sukses Southgate di Timnas Inggris

Southgate tengah menikmati aspek lain dari rotasi the Three Lions.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: AP/Clive Rose/Pool Getty
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Siasat pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, untuk merotasi skuat pada laga uji coba kontra timnas Wales berujung manis. The Three Lions sukses memenangkan pertandingan dengan skor telak 3-0 di Stadion Wembley, London, Jumat (9/10).

Mengusung skema 3-4-2-1 Inggris seutuhnya menurunkan pemain lapis kedua. Di bawah gawang Nick Pope menggantikan peran kiper utama, Jordan Pickford. Sedangkan barisan belakang diisi Joe Gomez, Conor Coady, pun Micahel Keane.

Untuk lini tengah Southgate mengandalkan gelandang muda Leeds United, Kalvin Phillipis, serta Hary Winks ditemani dua sayap Kieran Trippier dan Bukayo Saka. Sektor depan Danny Ings pun Jack Grealish siap memberikan asupan bola kepada striker Dominic Calvert-Lewin.

Southgate jelas tengah menikmati aspek lain dari rotasi the Three Lions. Ia lantas melepas pujian kepada seluruh pemain muda yang tampil impresif di pertandingan melawan Wales.

"Para pemain sudah melakukannya dengan sangat bagus. Sangat sulit bagi tim baru untuk bersatu tanpa banyak pengalaman. Tapi, saya pikir mereka sudah mengatasinya dengan baik," ujar Southgate purnalaga dikutip BBC Sports, Jumat (9/10).

Pada laga kali ini pelatih berusia 50 tahun memberikan debut perdana untuk Calvert-Lewin, Reece James, Bukayo Saka, dan Harvey Barney. Sedangkan ketiga gol skuat Tiga Singa dicatat, Calvert-Lewin menit ke-26, Coady menit ke-53, serta Danny Ings menit ke-63.

Jelas, ini adalah malam yang baik untuk Inggris dan Southgate, tetapi sekarang Inggris bakal menghadapi ujian berat dengan menghadapi kekuatan besar timnas Belgia, yang notabenenya merupakan tim pemuncak klasemen FIFA.

Belgia akan menjadi ukuran yang jauh lebih realistis dari kemampuan timnas Inggris saat ini. Tetapi refleksi atas kemenangan ini hanya bisa menjadi hal yang positif dan tidak ada yang akan lebih berterima kasih untuk itu selain Southgate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement