Jumat 09 Oct 2020 12:27 WIB

Dokter di Lapas Tebing Tinggi Positif Covid-19

Untuk sementara dokter tersebut secara mandiri berobat ke Medan.

Dokter di Lapas Tebing Tinggi Positif Covid-19. Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Dokter di Lapas Tebing Tinggi Positif Covid-19. Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, TEBING TINGGI -- Seorang dokter yang bertugas di Poliklinik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tebing Tinggi, Sumatra Utara terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan tes usap.

Kepala Lapas Klas II B Tebing Tinggi, Herliadi membenarkan salah seorang tenaga medis di lapas itu terpapar Covid-19. Saat ini juga, telah dilakukan penelusuran dan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh pegawai lapas.

Baca Juga

"Kami mengetahui informasi tersebut dari Dinas Kesehatan Tebing Tinggi karena kebetulan dokter tersebut melakukan swab (tes usap) mandiri di Dinas Kesehatan tersebut dan hasilnya terkonfirmasi positif," katanya, Jumat (9/10).

Herliadi menjelaskan untuk sementara dokter tersebut secara mandiri berobat ke Medan. "Pascalaporan tersebut kita berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat melakukan pemeriksaan uji rapid test (tes cepat) secara massal terhadap seluruh pegawai lapas," katanya.

Ia menyebutkan dari 71 orang pegawai lapas yang menjalani tes cepat, ditemukan satu orang reaktif. "Terhadap satu orang yang reaktif tersebut oleh Dinas Kesehatan langsung dilanjutkan pemeriksaan swab test. Dan selama menunggu hasil, diberi kebijakan isolasi mandiri di rumahnya," katanya.

Aktivitas di lapas setempat sampai hari ini berjalan normal. Selama ini, dokter tersebut jarang berhubungan langsung dengan warga binaan, sedangkan yang berhubungan langsung perawatnya.

"Jadi kondisi warga binaan saat ini sehat dan mudah-mudahan terhindar dari pandemi Covid-19," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement