Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Amalan Pertama yang Dihisab di Hari Kiamat, Apa Itu?

Jumat 09 Oct 2020 08:32 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani

Hari Kiamat (ilustrasi)

Hari Kiamat (ilustrasi)

Foto: pulsk.com
Amalan yang pertama kali akan diperhitungkan pada hari kiamat adalah sholat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setiap perbuatan manusia di bumi akan dihisab dan dimintai tanggung jawabnya kelak. Baik itu perbuatan kecil maupun perbuatan besar, lantas amalan apa yang paling pertama akan dihisab di hari kiamat?

Dalam buku Saat Tradisi Menjadi Dalil karya Firman Arifandi dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda: “Inna awwala maa yuhasibu an-nasu bihi yaumal-qiyamati min a’malihim as-shalatu, qala: yaqulu Rabbuna jalla wa azza limala-ikatihi wa huwa a’lamu; unzhuru fi shalati abdi atammaha am naqashaha? Fa in kaanat taammatan kutibat lahu taammatan, wa in kaana-ntaqasha minha syai’an, qala: unzhuru hal li’abdi min tathawwu’i? Fa in kaana lahu tathawwa’un qala: atimmu li-abdi faridhatahu min tathawwu’ihi, tsumma tu’khadzu al-a’malu ala dzaakum,”.

Yang artinya: “Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian, Allah mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu; Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan?”

“Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunah? Jika ia memiliki (amalan) shalat sunah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku disebabkan shalat sunah yang ia lakukan.”

“Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu,”. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan merupakan hadis yang berkadar shahih. Sehingga selain shalat fardu, alangkah baiknya bagi umat Islam untuk memperbanyak pula shalat sunahnya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA