Jumat 09 Oct 2020 08:05 WIB

Southgate Ingatkan Persaingan Ketat di Timnas Inggris

Inggris membungkam Wales 3-0 dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, London.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris tetap tampil apik kala menghadapi Wales dalam laga persahabatan, Jumat (9/10) dini hari WIB, meski turun dengan sejumlah debutan dan pemain cadangan. The Three Lions membungkam Wales 3-0 di Stadion Wembley, London.

Pada laga ini, Inggris menunjukkan kedalaman skuatnya dengan opsi pemain beragam nyaris di semua lini. Dominic Calvert-Lewin menandai debutnya bersama timnas senior Inggris dengan torehan gol pembuka pada laga ini. Conor Coady dan Danny Ings juga mencetak gol perdananya. 

Baca Juga

Adapun Jack Grealish tampil impresif dalam laga pertamanya sebagai starter di skuat The Three Lions. Tak ketinggalan Bukayo Saka yang juga tak mengecewakan ketika melakoni debutnya di tim senior. 

Penampilan apik sejumlah pemain tersebut membuat pelatih Inggris Gareth Southgate kembali mengingatkan para penggawanya soal persaingan dalam memperebutkan posisi utama.

"Ini menjadi pelajaran berharga buat para pemain yang berada dalam situasi tersebut. Anda tentu ingin terlibat, ingin merumput, dan saat Anda mendapatkan kesempatan mengenakan seragam tersebut, maka Anda tidak mau pemain lain merebutnya dari Anda," kata Southgate seperti dilansir Guardian, Jumat (9/10).

Peringatan Southgate ini agaknya merujuk pada kontroversi yang melibatkan tiga penggawa timnas Inggris, Tammy Abraham, Ben Chilwell, dan Jadon Sancho. Tiga pemain tersebut kedapatan melanggar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 karena menggelar acara ulang tahun Abraham, akhir pekan lalu. Mereka dinilai tidak disiplin dan akhirnya tidak disertakan di timnas Inggris dalam laga kontra Wales.

Southgate tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada pemain-pemain yang melakoni debutnya dalam laga melawan Wales. Mantan pelatih Middlesbrough itu juga menegaskan, tidak ada jaminan kepada pemain tertentu bisa bertahan di tim utama the Three Lions.

"Setiap pemain yang telah melakoni debut ataupun kesempatan tampil memiliki peluang untuk merebut posisi di tim utama atau mendorong posisinya sebagai pilihan utama," tegas Southgate.

Ia mengatakan, sejumlah pemain telah melakukannya pada laga dini hari tadi yang menimbulkan kompetisi untuk beberapa posisi. Kesempatan bermain, kata Southgate, diberikan kepada seluruh pemain, bukan hanya yang disertakan dalam skuat sekarang.

Berdasarkan hasil tes terakhir yang dilakukan FA dan UEFA, Abraham, Sancho, dan Chilwell, diketahui negatif Covid-19. Abraham dan Sancho dikabarkan sudah siap diturunkan di laga kontra Belgia di ajang UEFA Nations League, akhir pekan ini. Namun, Chilwell diragukan tampil lantaran bermasalah dengan kesehatan dan kurang fit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement