Kamis 08 Oct 2020 22:05 WIB

8 Alasan Greek Yoghurt Baik untuk Kesehatan

Yoghurt Yunani atau greek yoghurt dijadikan penambah nutrisi pada makanan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Yoghurt Yunani atau greek yoghurt dijadikan penambah nutrisi pada makanan (Foto: Ilustrasi greek yoghurt)
Foto: Pixnio
Yoghurt Yunani atau greek yoghurt dijadikan penambah nutrisi pada makanan (Foto: Ilustrasi greek yoghurt)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yoghurt Yunani atau lebih dikenal sebagai Greek yoghurt merupakan produk olahan susu yang lezat dan mudah dikreasikan menjadi beragam sajian. Tak hanya itu, Greek yoghurt juga dapat memberi beragam manfaat bagi kesehatan.

"(Greek yoghurt) merupakan cara yang baik untuk menambah banyak nutrisi ke dalam pola makan Anda," jelas ahli gizi Maya Feller RD CDN, seperti dilansir Women's Health, Kamis (8/10).

Baca Juga

Perbedaan Greek yoghurt dengan yogurt biasa adalah cara keduanya disaring. Greek yoghurt disaring untuk menghilangkan kandungan whey, sehingga yoghurt ini memiliki konsistensi yang lebih tebal.

Selain itu, proses penyaringan ini membuat kandungan Greek yoghurt menurun. Proses ini juga meningkatkan konten protein dalam Greek yoghurt.

Tentu tidak semua produk Greek yoghurt setara. Sebagian mungkin ada yang mengandung gula tambahan, perisa dan pewarna. Produk Greek yoghurt seperti ini sebaiknya dihindari.

Satu porsi sajian Greek yoghurt yang ideal sebaiknya mengandung sekitar 200 kalori, minimal 2 persen lemak, dan minimal 6 gram protein. Satu porsi sajian Greek yoghurt juga sebaiknya tidak mengandung gula lebih dari 10 gram.

Memilih dan mengonsumsi produk Greek yoghurt yang tepat dapat membawa beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah delapan di antaranya.

Membantu Penurunan Berat Badan

Protein yang tinggi dalam Greek yoghurt dapat membantu proses penurunan berat badan. Kandungan protein yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang yang lebih panjang. Karena mengandung lebih sedikit gula, Greek yoghurt juga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil ketika disantap.

photo
Yoghurt (Foto: ilustrasi) - (Flickr)

Menjaga Pencernaan Sehat

Ada banyak kandungan probiotik di dalam Greek yoghurt. Probiotik merupakan bakteri sehat yang menjaga usus bekerja dengan optimal. Usus yang sehat tak hanya baik bagi sistem pencernaan, tetapi juga dapat menunjang tidur yang lebih baik, sistem imun yang lebih optimal, suasana hati yang lebih baik, dan kondisi kulit yang lebih cerah.

Menunjang Kekuatan Tulang

Produk susu seperti Greek yoghurt merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium berperan dalam memperkuat tulang, gigi, dan juga memperlambat terjadinya masalah tulang yang umum seperti osteoporosis.

Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kandungan probiotik dalam Greek yoghurt juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes mellitus tipe 2, menurut studi dalam The Journal of Nutrition pada 2017. Akan tetapi, penting untuk memastikan bahwa produk Greek yoghurt yang dikonsumsi bebas dari berbagai bentuk gula tambahan.

Kaya Mineral dan Vitamin

Greek yoghurt diketahui kaya akan vitamin B12, fosfor, zinc, yodium, kalium, dan riboflavin. Beragam kandungan zat gizi ini dapat memabntu menurunkan tekanan darah, mendorong daya tahan tubuh, serta memperbaiki fungsi tiroid.

Menjadi Alternatif Berbagai Bahan dalam Resep

Ada miskonsepsi yang menilai bahwa Greek yoghurt hanya cocok dikonsumsi saat sarapan. Padahal, Greek yoghurt bisa digunakan dalam berbagai resep masakan. Beberapa di antaranya adalah menjadi pengganti bahan dalam resep marinasi, dressing salad, hingga menjadi pengganti sour cream.

Sumber Protein yang Terjangkau

Greek yogurt merupakan sumber protein yang memiliki harga cukup terjangkau. Terlebih bila dibandingkan dengan harga daging-dagingan dan makanan laut.

Mendukung Pemulihan Pascaolahraga

Protein yang tinggi dalam Greek yogurt juga dapat membantu proses pemulihan otot pascaolahraga. Asam amino dalam protein dibutuhkan untuk memperbaiki robekan-robekan pada otot sekaligus membantu produksi sel-sel otot yang baru. Merupakan hal yang baik untuk mengonsumsi Greek yogurt setelah berolahraga.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement