Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Empat Rekomendasi Menu Sarapan di Usia 40 Tahun

Jumat 09 Oct 2020 01:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Salah satu kunci jaga metabolisme di usia 40 tahun adalah menu makanan (Foto: Ilustrasi menyiapkan sarapan)

Salah satu kunci jaga metabolisme di usia 40 tahun adalah menu makanan (Foto: Ilustrasi menyiapkan sarapan)

Foto: Pxhere
Salah satu kunci jaga metabolisme di usia 40 tahun adalah menu makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurunkan berat badan yang berlebih bukan hal yang mustahil dilakukan untuk orang-orang berusia di atas 40 tahun. Salah satu kuncinya adalah memilih menu makanan yang dapat menunjang metabolisme tubuh.

Setidaknya ada empat jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat sarapan untuk mendorong metabolisme dan membantu penurunan berat badan. Berikut ini adalah keempat makanan tersebut, seperti dilansir SheFinds, Kamis (8/10).

Telur
Telur merupakan menu sarapan yang tak hanya mudah diolah, tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Telur diketahui kaya akan zat gizi, khususnya protein.

Makanan dengan kadar protein yang tinggi dapat membantu menekan nafsu makan sekaligus memberikan perasaan kenyang yang lebih panjang. Menambahkan saus pedas pada telur juga dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Alpukat
Alpukat juga dapat membantu menekan nafsu makan. Menurut studi dalam Nutrition Journal, partisipan yang mengonsumsi setengah alpukat segar saat makan siang mengalami penurunan nafsu makan 40 persen pada beberapa jam ke depan.

Tak hanya untuk makan siang, alpukat juga dapat dijadikan menu sarapan yang praktis dan lezat. Alpukat bisa dikombinasikan dengan roti gandum panggang sebagai menu sarapan yang dapat menunjang penurunan berat badan.

Baca Juga

Greek Yogurt
Bila menginginkan menu sarapan yang lebih ringan, Greek yogurt dapat menjadi pilihan. Greek yogurt kaya akan protein sehingga dapat memberikan perasaan kenyang.

Studi juga menunjukkan bahwa diet atau pola makan tinggi protein dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar dalam sehari. Manfaat lain dari Greek yogurt adalah dapat membantu memperbaiki kesehatan usus.

Oatmeal
Oatmeal juga merupakan menu sarapan sehat yang dapat membantu penurunan berat badan. Oatmeal diketahui kaya serat, di mana serat diketahui baik untuk kesehatan dan dapat membantu penurunan berat badan.

Oatmeal juga dapat dikreasikan menjadi beragam sajian yang kaya rasa. Makanan ini bisa dikreasikan dengan menambahkan kayu manis, buah, atau selai kacang. Kreasi ini akan membuat oatmeal menjadi menu sarapan yang tak membosankan sekaligus mampu membantu penurunan berat badan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA