Kamis 08 Oct 2020 19:26 WIB

Ratnawati Dukung Terwujudnya Desa Wisata Tani di Indramayu

Peran para petani sangat besar dalam ikut menentukan nasib Indramayu kedepan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Ratnawati calon wakil bupati Indramayu mendukung terwujudnya desa wisata tani di Indramayu. Foto ilustrasi
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Ratnawati calon wakil bupati Indramayu mendukung terwujudnya desa wisata tani di Indramayu. Foto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Para petani di Desa Segeran Kidul, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, berharap agar desa mereka bisa menjadi desa wisata tani. Calon Wakil Bupati Indramayu Ratnawati, mendukung penuh hal tersebut.

"Membangun desa wisata tani adalah salah satu mimpi para petani di sini,’’ ujar salah seorang petani Desa Segeran Kidul, Taufik, Rabu (7/10).

Baca Juga

Hal itu disampaikan Taufik kepada calon wakil bupati Indramayu, Ratnawati. Calon wakil bupati yang diusung PKB, Demokrat, PKS dan Hanura itu datang untuk memenuhi undangan para petani di desa tersebut, mulai dari petani jeruk, pisang, mangga dan padi.

Taufik menyatakan, mimpi untuk mewujudkan desa wisata tani itu tak hanya berskala kabupaten. Tapi juga berskala provinsi bahkan nasional. Sebab, desanya memiliki potensi yang besar untuk terwujudnya desa wisata tani.

"Jika desa wisata tani terwujud, maka para pengunjung nanti akan berdatangan,’’ tutur Taufik.

Merespon aspirasi para petani tersebut, Ratnawati menyampaikan perasaan senang dan bangga. "Sudah pasti, sebagai cita-cita yang sangat mulia, terutama dalam kontek ikut membangun Indramayu yang lebih maju dan berkah, saya tak akan sia-siakan kepercayaan ini jika pada saatnya terpilih nanti. Mari kita sama-sama wujudkan mimpi besar ini,’’ tegas Ratnawati.

Ratnawati menilai, peran para petani sangat besar dalam ikut menentukan nasib Indramayu kedepan. Terutama, dalam kontek menjadikan Indramayu sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

"Siapapun pemimpin Indramayu kedepan, wajib memberikan perhatian pada bidang pertanian. Apalagi, mau dikembangkan menjadi daerah wisata tani,’’ tukas perempuan yang pernah dinobatkan sebagai dokter teladan tersebut.

Ratnawati menambahkan, jika kelak Allah SWT meridhoinya menjadi salah satu pemimpin di Indramayu, dia berjanji akan sering mendengar dan berkomunikasi dengan para petani. Dengan demikian, dia bisa menangkap aspirasi para petani.

Mendengar jawaban Ratnawati, para petani pun mengungkapkan perasaan senangnya. "Insya Allah Ibu Ratna, kami pun sebagai petani tidak akan lupa kepada Ibu. Kami semua berdoa, semoga Ibu Ratna bersama Bapak Sholihin terpilih pada 9 Desember nanti,’’ tegas Taufik.

Hal senada diungkapkan ketua kelompok petani jeruk, Abah Wartim. Dia menyatakan, para petani tidak akan lupa kepada Ratnawati.

"Saya juga tak perlu mengajari para petani apa yang harus dilakukan pada 9 Desember nanti,’’ cetus Abah Wartim.

Dalam kesempatan itu, Ratnawati pun berkesempatan makan bancakan di atas daun pisang. Dia makan bersama-sama para petani di salah satu saung petani di Desa Segeran Kidul.

"Jujur saya ingin menangis menerima undangan ini. Saya sangat terharu melihat ketulusan para petani yang rela meninggalkan sementara pekerjaannya hanya untuk bisa bertemu dan mengajak saya makan siang bancakan di atas daun pisang,’’ tandas Ratnawati yang mendampingi calon bupati Indramayu, Muhamad Sholihin itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement