Kamis 08 Oct 2020 17:38 WIB

Desainer Gaun Pengantin Putri Diana Puji Replika The Crown

Serial Netflix The Crown akan menampilkan adegan pernikahan Putri Diana.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Gaun pengantin Putri Diana, karya desainer Elizabeth dan David Emanuel.
Foto: EPA
Gaun pengantin Putri Diana, karya desainer Elizabeth dan David Emanuel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu desainer yang bertanggung jawab untuk menciptakan gaun pengantin Putri Diana memuji The Crown. Serial keempat yang tayang di Netflix pada November mendatang akan menampilkan Princess of Wales yang diperankan aktris Inggris Emma Corrin.

Salah satu episode paling ditunggu-tunggu itu adalah cerita Diana menikah dengan Pangeran Charles. Pada awal pekan ini, penggemar mendapat bocoran penampakan gaun gading ikonik versi tayangan itu.

Baca Juga

Karya perancang kostum The Crown Amy Roberts untuk replika gaun pengantin itu banjir pujian. Apresiasi juga datang dari salah satu perancang gaun asli, Elizabeth Emanuel, yang bekerja bersama mantan suaminya, David dalam persiapan untuk penikahan akbar Diana dan Charles pada 1981.

“Gaun itu terlihat indah. Mereka melakukan pekerjaan yang bagus dalam menerjemahkan semangat gaun pengantin,” kata Emanuel seperti dilansir Independent, Kamis (8/10).

Emanuel juga memuji penampilan Emma Corrin yang terlihat luar biasa dalam balutan replika gaun pengantin Diana. “Aku penggemar berat The Crown, ini adalah serial luar biasa dan aku sangat menantikannya,” ujar dia.

Amy Roberts melakukan konsultasi dengan desainer asli ketika membuat gaun itu. Belum lama ini, Netflix mengungkapkan bahwa pembuatan replika gaun membutuhkan waktu 600 jam.

“Empat bulan lebih, dengan tiga orang menghabiskan 600 jam kerja kolektif, mereka membuat gaunnya. Terbuat dari kain sepanjang 95 meter dan renda 100 meter dengan panjang akhir sekitar 30 meter,” Netflix membagikan di Twitter.

Amy Roberts berkolaborasi dengan David Emanuel. David sangat membantu dengan penjelasan detail gaun asli. Tim yang berbasis di Nottingham membuat renda pada gaun asli Emanuel, juga membuat renda untuk gaun yang digunakan di The Crown.

Belum lama ini, Corrin mengungkapkan bahwa dia membutuhkan bantuan 10 orang untuk mengenakan replika gaun pengantin Diana itu. Gaun asli yang diperkirakan memiliki biaya 90 ribu pound (sekitar Rp 1,7 miliar) itu dibuat menggunakan sutra gading taffeta. Ada 10 ribu mutiara pada gaun asli. Gaun dipadukan dengan tiara Spencer dan selendang sepanjang 139 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement