Kamis 08 Oct 2020 17:23 WIB

Kasus Covid-19 di 13 Kabupaten Kota Masih Tinggi

13 kabupaten kota yang tinggi kasus Covid-19 berada di kota-kota besar

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 menyoroti 13 kabupaten kota yang masih memiliki jumlah kasus aktif yang mencapai lebih dari seribu kasus. Ke-13 kabupaten kota tersebut merupakan daerah dengan penduduk yang cukup padat dan merupakan kota-kota besar di Indonesia.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito menyebut, kasus di 13 kabupaten kota tersebut bahkan menyumbang 30 persen dari total aksus aktif di Indonesia.

“Yang perlu menjadi perhatian adalah masih ada 13 kabupaten kota dengan kasus lebih daripada 1000. Dan 13 kabupaten kota tersebut adalah relatif semuanya kota-kota besar,” ujar Wiku saat konferensi pers, Kamis (8/10).

13 kabupaten kota tersebut yakni Bekasi, Bogor, Kota Medan, Jakarta Utara, Kota Jayapura, Kota Padang, Jakarta Pusat, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Pekanbaru, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Wiku pun meminta agar ke-13 daerah tersebut terus melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan dengan ketat di seluruh sektor yang telah kembali berjalan. Kendati demikian, lanjut Wiku, jumlah kasus aktif di Indonesia tiap pekannya kini cenderung terus menurun.  

Jika dibandingkan pada awal pandemi, kasus aktif di Indonesia mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 91,26 persen pada Maret lalu menjadi 21,05 persen pada awal Oktober ini.

“Dan dari 514 kabupaten kota tersebut, proporsi terbanyak adalah kabupaten kota dengan 1-50 kasus aktif. Artinya paling banyak adalah 50 kasus aktif, itu ada 325 kabupaten kota atau 63 persen dari total keseluruhan kabupaten kota di Indonesia,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement