Kamis 08 Oct 2020 17:06 WIB

JK Minta UDD PMI Beri Pelayanan Terbaik

Tak hanya untuk pendonor, pelayanan terbaik juga harus diberikan keluaga pasien

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (JK) meminta agar jajaran unit donor darah PMI senantiasa memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat. JK mengingatkan, tak hanya untuk pendonor, pelayanan terbaik juga harus diberikan keluaga pasien yang membutuhkan darah.

Hal tersebut disampaikan Jusuf Kalla saat menggelar rapat virtual melalui fasilitas zoom meeting bersama Unit Donor Darah (UDD) PMI Pusat serta Pengurus PMI DKI Jakarta dan jajaran kerja UDD PMI DKI Jakarta.

"UDD harus fokus dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya bagi pendonor dan keluarga pasien," kata JK dalam keterangan yang diterima, Kamis (8/10).

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan juga Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 itu selalu mengajak masyarakat menyumbangkan darahnya melalui PMI untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Apalagi, kebutuhan donor darah meningkat di masa pandemi Covid-19.

Sementara, stok darah di PMI terus menurun hingga 50 persen.

"Apalagi ada beberapa pasien covid-19 yang membutuhkan darah karena penyakit bawaan yang dideritanya” kata Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam acara donor darah di HUT TNI September lalu.

la juga mengimbau masyarakat tidak khawatir untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi Covid-19. JK menjamin PMI menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat melakukan proses pengambilan darah dari para pendonor.

"Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir untuk menyumbangkan darahnya di masa pandemi ini. Saya menjamin PMI menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," ujar JK.

Sementara, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi memastikan pelayan donor darah bagi masyarakat semakin baik dan bahkan akan semakin ditingkatkan.

"PMI identik dengan donor darah, jadi pelayanan terbaik pada masyarakat saat donor darah merupakan kawah candradimuka bagi PMI," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement