Kamis 08 Oct 2020 13:12 WIB

Mourinho Minta Maaf ke Southgate Terkait Panggilan Nama

Mourinho menyebut Gary sebagai ganti Gareth.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho.
Foto: EPA-EFE/Carl Recine
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Inggris Gareth Southgate mengaku telah dihubungi secara langsung oleh pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho. Dalam kesempatan tersebut, Mourinho menyampaikan permintaan maaf kepada Southgate soal panggilannya kepada pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Kedua pelatih tersebut sempat bersitegang terkait pemanggilan Harry Kane ke timnas Inggris. Mourinho berharap, Kane tidak memperkuat timnas Inggris pada laga persahabatan. Kondisi ini dikhawatirkan mengganggu kebugaran Kane saat tampil memperkuat the Lilywhites.

Baca Juga

Salah satu sorotan dari komentar pedas Mou adalah panggilannya kepada Southgate. Alih-alih menyebut Gareth, mantan pelatih Inter Milan itu memanggil Southgate dengan sebutan Gary. Panggilan pelatih berjuluk The Special One kepada Southgate itu dianggap tidak sopan dan tidak mengormati Southgate.

Atas polemik ini, Southgate mengaku sudah mendapatkan permintaan maaf dari Mou. "Bisa saya katakan, dia telah mengirimkan pesan secara personal kepada saya. Pesan itu berisi permintaan maaf. Saya tahu, pada beberapa tahun silam, dia juga sempat memanggil saya Gary dalam sebuah konferensi pers," kata Southgate seperti dilansir Mirror, Kamis (8/10).

Mantan pelatih Middlesbrough itu juga tidak mau ambil pusing terkait panggilan Gary yang dialamatkan kepada dirinya. Southgate justru memuji kepiawaian Mou dalam menguasai sejumlah bahasa, termasuk bahasa Inggris. Southgate menyebut, kemampuan berbahasa Spanyol dan Prancisnya masih terbatas, sementara Mourinho bisa berbicara dengan fasih. Mourinho juga menguasai Bahasa Portugis karena lahir di Portugal, piawai berbahasa Italia, dan Katalunya.

Dalam komunikasinya dengan Mou, Southgate menyinggung keberhasilan Spurs mendatangkan Gareth Bale dari Real Madrid. "Saya tidak mempermasalahkan semua itu. Saya sempat katakan kepadanya, 'Satu-satunya Gareth yang harus Anda perhatikan adalah Gareth yang akan mencetak banyak gol untuk Anda pada musim ini'. Jadi, dari sudut pandang saya, panggilan itu bukan suatu masalah," tutur Southgate.

Mourinho juga mengakui ia sudah meminta maaf. Ia mengaku salah memahami panggilan Southgate. Ia merasa sudah tepat menyebut Gary sebagai ganti Gareth. "Saya salah. Kalau nanti Gareth mau memanggilnya saya John untuk menggantikan Jose, saya terima," kata Mourinho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement