Kamis 08 Oct 2020 10:57 WIB

Mancini Puas dengan Mentalitas Timnas Italia

Italia tampil dengan sejumlah wajah anyar melawan Moldova.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Roberto Mancini
Foto: EPA-EFE/CARMELO IMBESI
Roberto Mancini

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Timnas Italia berpesta gol ke gawang tamunya Moldova dengan kemenangan 6-0 pada laga persahabatan di Stadion Artemio Franchi, Florence, Italia, Kamis (8/10) dini hari WIB. Padahal Azzurri tampil dengan sejumlah wajah anyar dan tidak menurunkan sederet pemain utama mereka.

Pelatih Italia Roberto Mancini bereksperimen dalam mengatur starting line-up Gli Azzurri. Mantan pelatih Manchester City itu tidak menurunkan sejumlah penggawa andalan La Nazionale, seperti Giorgio Chiellini, Jorginho, ataupun kiper Gianluigi Donnaruma. 

Baca Juga

Mancini juga memberikan kesempatan kepada Federico Caputo dan Allesio Cragno membuat debutnya di timnas senior Italia. Hasilnya cukup memuaskan. Italia meraih kemenangan besar lewat dua gol dari Stephane El Shaarawy dan satu gol yang masing-masing dicetak Domenico Berardi, Bryan Cristante, Caputo, serta satu gol bunuh diri Moldova.

Kendati timnya mengalami kesulitan pada 15 menit awal laga, tapi Gli Azzurri mampu bangkit dan menemukan ritme yang tepat seiring dengan jalannya laga. Selain itu, eks pelatih Inter Milan itu juga puas dengan mentalitas yang ditunjukan pada penggawa Gli Azzurri di laga tersebut.

"Kami memiliki kesulitan pada 15 menit awal, tapi hal itu bisa dimaklumi, karena kami tampil dengan sejumlah muka baru. Ini menjadi catatan positif, karena kami mampu mencetak begitu banyak peluang dan bisa mencetak gol. Kami tetap mempertahankan mentalitas yang tepat," kata Mancini, seperti dilansir Football Italia, Kamis (8/10).

Secara khusus, Mancini pun menyebut siap memberikan kesempatan lebih banyak kepada Caputo. Bukan tidak mungkin, apabila mampu menjaga performanya di level klub, striker berusia 33 tahun itu bisa memperkuat Italia di putaran final Piala Eropa 2020, yang akan digelar pada pertengahan tahun depan.

"Sebagai penyerang, Caputo bergerak dengan sangat baik. Dia melakukan tugasnya dengan baik. Jika dia bisa mempertahankan peformanya, maka dia memiliki peluang memperkuat timnas di Piala Eropa 2020," kata Mancini.

Menurut Mancini, Italia memiliki banyak pilihan di posisi striker. Jadi, semuanya akan bergantung bagaimana penampilan mereka pada sepanjang musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement