Rabu 07 Oct 2020 23:20 WIB

Cirebon Siapkan Makam Khusus Covid-19, Hindari Penolakan

Makam khusus Covid-19 di Cirebon seluas 1,5 hektare

Red: Nur Aini
Petugas pemakaman memakamkan jenazah Covid-19, ilustrasi
Foto: ANTARA/Anindira Kintara
Petugas pemakaman memakamkan jenazah Covid-19, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan pemakaman khusus bagi pasien yang meninggal akibat terkonfirmasi positif Covid-19, untuk menghindari penolakan dari warga.

"Kami sudah siapkan tempat untuk pemakaman khusus bagi jenazah pasien Covid-19," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Rabu (7/10).

Baca Juga

Agus mengatakan tempat pemakaman khusus yang sudah disiapkan oleh Pemkot Cirebon untuk jenazah terkonfirmasi positif Covid-19 dipusatkan di TPU Kedung Menjangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19 tersebut, kata Agus, sebagai upaya mencegah adanya penolakan dari warga sekitar dan meminimalkan konflik di masyarakat. Menurutnya,TPU Kedung Menjangan sendiri memiliki luas sekitar 1,5 hektare dan diharapkan tidak ada konflik seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Cirebon.

"Luasan TPU sendiri yaitu 1,5 hektare dan ini diharapkan bisa meminimalkan konflik," ujarnya.

Agus menambahkan untuk pengurusan jenazah Covid-19 dipastikan semua sudah sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Pihaknya berharap masyarakat bisa memahamibahwa pengurusan jenazah yang terkonfirmasi positif Covid-19 berbeda dengan pada umumnya atau tidak sama.

"Kalau positif, prosedur pengurusan jenazah harus sesuai prosedur penanganan Covid-19. Ini harus dipahami masyarakat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement