Rabu 07 Oct 2020 22:38 WIB

Kopi Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kopi untuk jantung diungkap peneliti asal Belanda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Manfaat kopi untuk jantung diungkap peneliti asal Belanda (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: PxHere
Manfaat kopi untuk jantung diungkap peneliti asal Belanda (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secangkir kopi hitam tak hanya dapat membuat tubuh terasa lebih segar, tetapi juga membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat kesehatan terbaru yang terungkap dari kopi adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Hal ini diungkapkan oleh sekelompok tim peneliti asal Belanda. Mereka merupakan peneliti yang memfokuskan studi mereka terhadap perubahan epigenetika.

Baca Juga

Dalam studi terbaru ini, tim peneliti berupaya menegtahui apakah kopi dapat mengurangi risiko suatu penyakit dengan mengubah "ekspresi gen". Dengan kata lain, tim penelit ingin mencari tahu apakah kopi dapat "menontaktifkan" gen yang berkaitan dengan penyakit atau kelainan tertentu.

Setelah menganalisis 15 studi, tim peneliti menyimpulkan bahwa senyawa di dalam kopi memang dapat memicu terjadinya modifikasi yang bermanfaat. Hal ini dapat terwujud melalui sebuah proses yang dikenal dengan sebutan DNA methylation atau metilasi DNA.

Seperti dilansir Men's Health, Rabu (7/10), tim peneliti juga menemukan marker epigenetik kunci yang berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung pada kopi. Seperti diketahui, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar pada laki-laki.

Bicara mengenai kopi, saat ini ada beragam variasi kopi yang bisa ditemukan di pasaran. Meski kopi itu sendiri menyehatkan, seringkali kombinasi berbagai bahan yang dicampurkan dalam minuman kopi membuat minuman tersebut menjadi kurang menyehatkan.

Insider mengungkapkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa meminum kopi dengan sehat. Cara pertama adalah memilih variasi minuman kopi tanpa tambahan bahan-bahan berkalori, seperti kopi hitam, espresso, atau americano.

Pecinta kopi susu juga bisa mengganti susu sapi dengan sari nabati yang lebih sehat, seperti sari almond atau lebih dikenal sebagai "susu" almond. Sari almond memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Alih-alih menggunakan gula, cita rasa kopi juga bisa diperkaya dengan menambah rempah yang sehat. Sebagai contoh, bubuk kayu manis. Selain dapat memberikan sentuhan rasa manis alami, bubuk kayu manis juga diyakini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah membantu menurunkan inflamasi dan mengelola kadar gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement