Rabu 07 Oct 2020 20:46 WIB

Staf Gedung Putih Makin Banyak Positif Covid-19

Banyak orang dalam jangkauan Donald Trump tertular virus Covid-19

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Gedung Putih
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Gedung Putih

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Semakin banyak staf Gedung Putih dan senior Partai Republik dites positif mengidap virus corona sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengidapnya. Banyak orang dalam jangkauan Trump yang telah tertular virus tersebut.

Mereka yang terkena virus menghadiri acara Rose Garden yang sebagian besar tanpa masker pada 26 September. Saat itu, presiden secara resmi menominasikan Hakim Amy Coney Barrett untuk mengisi kursi Mahkamah Agung setelah Hakim Ruth Bader Ginsburg meninggal dunia.

Baca Juga

Beberapa orang yang bertemu dengan Trump pekan lalu mengatakan bahwa mereka dites negatif, tetapi bisa setelah berhari-hari baru berkembang virus untuk mengembangkan gejala atau dites positif. Meski begitu deretan nama pesohor hingga pembantu terbukti positif. Berikut ini adalah daftar orang-orang dekat Trump yang dinyatakan positif mengidap virus corona dalam beberapa hari terakhir:

Stephen Miller

Penasihat Senior Gedung Putih ini adalah penulis pidato terkenal untuk presiden. Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa telah dites positif Covid-19 pada Selasa (4/10) dan berada di karantina.

Jalen Drummond

Menurut laporan Bloomberg News, Asisten sekretaris pers ini telah dites positif Covid-19. Drummond pun hadir di Rose Garden pada upacara 26 September untuk calon Mahkamah Agung Amy Coney Barrett.

Laksamana Charles Ray

Wakil komandan Penjaga Pantai AS ini dites positif pada Senin (3/10). Para pemimpin militer AS melakukan karantina sendiri setelah Ray menghadiri pertemuan pekan lalu dengan para kepala dinas. Pentagon melaporkan, petinggi militer semuanya sejauh ini dinyatakan negatif.

Kayleigh McEnany

Sekretaris pers Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin bahwa telah dites positif. Meski begitu, dia tidak mengalami gejala.

Hope Hicks

Penasihat dekat presiden ini sering bepergian bersamanya dengan pesawat kepresidenan Air Force One dan Marine One. Dia dinyatakan positif pada Kamis (1/10).

Melania Trump

Istri Trump ini telah melakukan minggu sibuk acara dimulai dengan acara calon Mahkamah Agung Amy Coney Barrett pada upacara Gedung Putih. Dia mengumumkan positif bersama dengan Trump pada Jumat (2/10).

Jayna McCarron

Salah satu pembantu militer presiden ini juga mengidap virus corona bersama seorang pelayan pribadi presiden yang juga aktif bertugas di militer dan melakukan perjalanan bersama presiden minggu lalu. Selain mereka, daftar nama lain di lingkaran Trump yang positif adalah Staf kantor pers Gedung Putih, Chad Gilmartin, asisten komunikasi Gedung Putih, Karoline Leavitt, Ketua Komite Nasional Republik, Ronna McDaniel,

Kepala Senat Keamanan Dalam Negeri dan Komite Urusan Pemerintah, Ron Johnson, dan beberapa senator Republikan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement