Kamis 08 Oct 2020 03:17 WIB

Republik Ceko Catat Laju Covid-19 Tercepat di Eropa

Ada 4.457 kasus virus corona baru di negara tersebut dalam satu hari.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah penumpang kereta berada di sebuah stasiun metro di Praha, Republik Ceko, Kamis (24/9). Republik Ceko memiliki rekor kenaikan COVID-19 dari minggu lalu. Peningkatan ini merupakan tertinggi kedua di Eropa setelah Spanyol.  EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Sejumlah penumpang kereta berada di sebuah stasiun metro di Praha, Republik Ceko, Kamis (24/9). Republik Ceko memiliki rekor kenaikan COVID-19 dari minggu lalu. Peningkatan ini merupakan tertinggi kedua di Eropa setelah Spanyol. EPA-EFE/MARTIN DIVISEK

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Republik Ceko menjadi negara dengan laju kenaikan kasus positif Covid-19 tercepat di Eropa. Republik Ceko pada Rabu (7/10) melaporkan terdapat sebanyak 4.457 kasus virus corona baru di negara tersebut dalam satu hari.

Kenaikan harian dalam kasus Covid-19 ini melampaui rekor tertinggi sebelumnya yaitu 3.794. Hal ini berarti, jumlah total kasus yang tercatat di negara tersebut sejak Maret 2020 sebanyak 90.022. Jika dibandingkan 25 Agustus 2020, jumlah total kasus ini meningkat empat kali lipat.

Pemerintah Republik Ceko, layaknya negara Eropa lainnya sedang berjuang menahan peningkatan infeksi. Namun, negara tersebut menghindari lockdown yang ketat seperti penutupan toko, restoran, sekolah, dan menyebabkan perekonomian terluka.

"Pengetatan tindakan yang ada akan diumumkan pada Jumat," kata Menteri Kesehatan Roman Prymula, menanggapi peningkatan kasus ini.

Jumlah pasien rawat inap di Republik Ceko melonjak sepuluh kali lipat selama pandemi berlangsung sejak Maret. Penambahan ini semakin menekan sistem perawatan kesehatan setempat.

Berdasarkan informasi dari Pusat Data Eropa untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (ECDC), selama dua pekan terakhir, Republik Ceko telah melaporkan 326,8 kasus per 100 ribu. Jumlah ini melampaui Spanyol yang sebelumnya mencatat 302,4 kasus per 100 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement